Tarif Parkir Kendaraan di Kawasan Malioboro Perlu Dibuat Premium
KRJOGJA.COM | 03/06/2021 09:13
Tarif Parkir Kendaraan di Kawasan Malioboro Perlu Dibuat Premium
Seorang warga Yogyakarta yang menjadi korban nuthuk tarif parkir di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, dekat Malioboro, menunjukkan karcis parkir yang kelewat mahal.

YOGYA, KRJOGJA.com – Munculnya kasus tarif parkir mahal dengan nominal hingga Rp 20 ribu untuk mobil di kawasan pusat kota Yogyakarta menuai kekecewaan masyarakat. Tarif tersebut dinilai jauh dari kewajaran dan membuat wisatawan enggan berkunjung ke pusat kota Yogya yang identik dengan Malioboronya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menilai permasalahan parkir di kawasan Malioboro sudah terjadi untuk kesekian kalinya. Malioboro menurut Sultan memiliki persoalan yang belum bisa diurai yakni kepadatan lalu-lintas, parkir dan beban kendaraan bermotor.

Kondisi tersebut menurut Sultan harus segera diurai oleh pemerintah Kota Yogyakarta. Salah satunya menurut Sultan dengan penerapan tarif parkir premium untuk kendaraan di kawasan tersebut.

“Sekarang misalnya parkir Rp 20 ribu, bisa nggak sih kota berpikir berbeda karena tidak mudah cari parkir di Malioboro, apalagi selalu punya masalah traffic, parkir dan beban kendaraan. Nyatakan saja Malioboro sebagai kawasan premium, parkir cedak Malioboro, larang, kalau semakin jauh, murah,” ucap Sultan di DPRD DIY, Rabu (02/06/2021).

Rencana tersebut menurut Sultan bisa menjadi salah satu opsi yang diambil oleh pemerintah Kota Yogyakarta. Namun, harus diikuti aturan yang jelas agar tak justru menjadi peluang mengeruk keuntungan pihak-pihak tak bertanggungjawab. “Ini bisa dilakukan, tapi harus ada keputusan dan aturannya agar tidak disalahgunakan,” kata Sultan.

krjogja.com


BERITA TERKAIT