PA Wonogiri Luncurkan ‘Sipawon’, Mengurus Perkara Hemat 50 Persen
KRJOGJA.COM | 11/06/2021 10:01
PA Wonogiri Luncurkan ‘Sipawon’, Mengurus Perkara Hemat 50 Persen
Ilustrasi aplikasi pada ponsel pintar atau smartphone (Pixabay)

WONOGIRI,KRJOGJA.com – Pengadilan Agama (PA) Wonogiri meluncurkan inovasi pelayanan Sipawon atau Serambi Pengadilan Agama Wonogiri Kamis (10/6). Diharapkan dengan pelayanan itu akan memangkas sekitar 50 persen dari total tahapan pengurusan perkara.

Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, didaulat meluncurkan Sipawon di serambi PA Wonogiri dalam bentuk aplikasi dan mobil keliling.

Menurut Ketua PA Wonogiri, Nasrulloh sebelum membuat inovasi pelayanan itu pihaknya melakukan kajian dan survei dahulu. Setelah dipertimbangkan dari berbagai aspek ditemukan gagasan membuat Sipawon yang bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan PA dalam mencari keadilan hukum.

“Pelayanan Sipawon berbentuk aplikasi dan mobil keliling. Mobil yang dimiliki PA akan menuju ke daerah-daerah atau kecamatan. Aplikasinya digunakan untuk melakukan pengecekan proses mengurus perkara. Misalnya akta perceraian sudah jadi atau belum. Ada notifikasinya, kontrol jarak jauh,” kata dia sembari menambahkan program ini mempersingkat proses mengurus perkara hingga 50 persen.

Wakil Bupati Setyo Sukarno, mengucapkan selamat kepada PA Wonogiri atas launching pelayanan Sipawon dalam bentuk aplikasi dan mobil keliling. PA Wonogiri mampu menghadirkan satu layanan yang mampu menghapus kendala dalam melaksanakan tupoksi.

“Sebagai aparatur negara dalam menjalankan tugas kita dituntut modern dan efisiensi,” ujarnya.

krjogja.com

 


BERITA TERKAIT