Mal Pelayanan Publik Purworejo Gerai 109 Jenis Layanan
KRJOGJA.COM | 26/02/2022 08:45
Mal Pelayanan Publik Purworejo Gerai 109 Jenis Layanan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bupati Purworejo Agus Bastian meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purworejo, Jumat (25/3). MPP Purworejo menyediakan 109 jenis layanan yang bisa diakses masyarakat. 

MPP Purworejo dibangun di kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purworejo. “MPP terdiri atas gerai-gerai pelayanan yang ada di Purworejo dan Jawa Tengah,” ungkap Bupati menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, MPP Kabupaten Purworejo merupakan kompleks terpadu di mana masyarakat bisa mengakses berbagai layanan dalam satu tempat. Total ada 24 instansi di Purworejo maupun lingkup Jawa Tengah yang membuka layanan di MPP Purworejo.

MPP Kabupaten Purworejo, katanya, dibangun untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. “Jadi kalau mau urus izin atau layanan milik 24 instansi, dapat dilakukan dalam waktu bersamaan di MPP,” tuturnya.

Dioperasikannya MPP, lanjut Bupati, merupakan tuntutan zaman di mana masyarakat saat ini membutuhkan layanan publik yang mudah dan cepat. “Termasuk dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, maka untuk MPP kebanyakan layanan sudah berbasis digital,” tegasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupateqn Purworejo Agung Wibowo menambahkan, 109 jenis layanan itu merupakan kebutuhan penting masyarakat. Maka, MPP menyediakan berbagai layanan aneka perizinan, perpajakan, retribusi, perbankan, ibadah haji, administrasi kependudukan, bahkan SKCK kepolisian.

Selain pengurusan aneka layanan itu, petugas dari 24 instansi di MPP juga siap melayani konsultasi ketika ada masyarakat yang membutuhkan. “Urus izin atau pajak, langsung bayar di gerai bank yang juga buka di MPP, tapi kalau butuh konsultasi juga akan dilayani,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator gerai Kemenag Purworejo, Dadan Ridwan mengatakan, pihaknya membuka layanan pendaftaran haji di MPP Purworejo.

“Ini masih tahap awal, yakni untuk pelayanan haji dan umrah, mulai daftar hingga foto untuk keperluan tersebut,” ucapnya.

Ke depan, katanya, Kemenag Purworejo akan membuka layanan untuk keperluan lain seperti wakaf dan administrasi pernikahan. “Rencananya kami tambah lagi, termasuk pendaftaran nikah, meski untuk verifikasinya tetap harus dilakukan di KUA tempat pasangan ini tinggal,” tandasnya.

krjogja.com


BERITA TERKAIT