Pembangunan Tol Yogyakarta – Bawen Dimulai
KRJOGJA.COM | 31/03/2022 08:30
Pembangunan Tol Yogyakarta – Bawen Dimulai

SLEMAN, KRJOGJA.com – Proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta – Bawen dimulai, Rabu (30/03/2022). Secara simbolis program strategis pemerintah ini sepanjang 75,82 km ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang disaksikanlangsung Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian. Ditargetkankan proyek yang menelan anggaran Rp 14 triliun tersebut akan rampung pada tahun 2025.


Hedy Rahadian mengatakan pembangunan jalan tol yang melintas di dua provinsi tersebut nantinya akan meningkatkan konektivitas DIY dan Jateng. Tol ini juga akan terhubung dengan jalan tol Semarang – Solo dan juga jalan tol Solo – Yogyakarta International Airport Kulonprogo.

“Nantinya dengan jalan tol ini akan membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar),” kata Hedy Rahadian.

Hedy Rahadian menambahkan, pembangunan jalan tol ini juga akan memperkuat posisi Yogyakarta dalam industri khususnya pariwisata yang sedang tumbuh dan berkembang dengan baik. Sehingga akan meningkatkan peran Yogyakarta sebagai daerah untuk perkembangan ekonomi di Pulau Jawa bagian selatan.

Ia menambahkan jalan tol Yogyakarta – Bawen merupakan jalur yang luar biasa. Banyak tantangan akan muncul karena situs-situs bersejarah bakal ditemukan dalam proses pembangunan jalan tol ini.

“Saya berpesan kepada tim di lapangan jangan kaget bila semakin banyak menggali maka akan makin banyak ditemukan benda sejarah atau situs. Karena di sinilah pusat peradaban,” tambahnya.

Pembangunan jalan tol ini dilaksanakan oleh PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol yang dibentuk oleh konsorsium pemenang lelang. Ia juga meminta kepada konsorsium kontraktor untuk melibatkan tenaga kerja lokal dan produk lokal sebanyak mungkin, sehingga dampak ekonomi akan terasa sangat kuat.

krjogja.com


BERITA TERKAIT