DPRD Temanggung Himbau Pabrik Rokok Beri Kejelasan Transaksi Tembakau
KRJOGJA.COM | 20/07/2022 19:07
DPRD Temanggung Himbau Pabrik Rokok Beri Kejelasan Transaksi Tembakau
08-nas-RUU-Pertembakauan

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Panen tembakau 2022 dimulai. Namun belum ada infromasi kualitas dan kuota yang akan dibeli pabrik rokok. Maka itu DPRD Kabupaten Temanggung meminta pabrik rokok memberikan informasi kriteria tembakau yang akan dibeli panen 2022.


Informasi kriteria tembakau yang akan dibeli diperlukan agar petani bersiap dalam mengolah tembakau yang telah memasuki masa panen di sebagian tempat.

Wakil Ketua DPRD Temanggung Daniel Indra Hartoko mengatakan petani saat ini menunggu informasi yang jelas, terkait kualitas tembakau yang akan dibeli pabrik rokok.

“Petani akan mengolah tembakau sesuai dengan kebutuhan pabrik rokok,” kata Daniel Indra Hartoko, Senin (18/7).

Daniel mengatakan tata niaga tembakau di pabrikan harus dipermudah, sehingga petani bisa langsung mendapatkan uang hasil penjualan tembakau dengan mudah, tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Proses pembelian dan pembayaran uang hasil tembakau harus lebih dipermudah, sebagaimana tata niaga yang lainnya, dimana barang laku dijual petani bisa langsung mendapatkan uangnya,” kata politisi partai Gerindra itu.

Dia berharap perwakilan pabrik rokok di Temanggung bisa membeli tembakau dengan harga yang tinggi, mengingat biaya tanam, perawatan hingga panen raya yang dikeluarkan petani juga sudah sangat mahal.

“Minimal perwakilan pabrikan bisa membeli tembakau di atas harga operasional dan produksi tembakau, sehingga petani masih tetap mendapatkan untung,” kata dia.

Menurutnya, jika petani tembakau di Temanggung bisa menjual tembakau yang dengan harga yang tinggi, akan berimbas langsung pada perekonomian di Temanggung.

Sebab lanjut Daniel, hasil dari panen raya tembakau ini tidak hanya dinikmati oleh petani maupun pedagang tembakau saja, melainkan mayoritas masyarakat di Temanggung bisa merasakan dampaknya.

“Kesejahteraan masyarakat akan semakin membaik, tembakau mempunyai multiplayer efek yang luas,” katanya.

Dikatakan, jika pabrikan membeli tembakau dengan harga yang tinggi, maka petani akan semakin meningkatkan kualitas budidaya tembakaunya. Sehingga pabrikan selalu mendapatkan tembakau sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Daniel menghimbau, petani juga harus konsisten mempertahankan kualitas asli tembakau Temanggung, dengan berbagai langkah seperti tetap mempertahankan tembakau varietas kemloko, selain itu pengolahan juga dilakukan sesuai dengan keinginan pabrikan.

“Harus sama-sama menguntungkan, kualitas tembakau wajib dipertahankan, tembakau Temanggung sudah dikenal sebagai tembakau kualitas terbaik dunia, predikat ini wajib dipertahankan,” kata dia.

Ia berharap, pada panen raya tahun ini perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung bisa menyerap tembakau milik petani hingga akhir panen raya.

“Pembelian dengan harga terbaik, tentunya disesuaikan dengan kualitas tembakau yang ada. Jangan sampai kualitas tembakau bagus tapi dibeli dengan harga murah,” kata dia.

 

**


BERITA TERKAIT