Diterjang Gelombang Tinggi, Ratusan Warung di Pantai Suwuk Kebumen Porak-poranda
KRJOGJA.COM | 31/08/2022 14:50
Diterjang Gelombang Tinggi, Ratusan Warung di Pantai Suwuk Kebumen Porak-poranda

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Sedikitnya 100 warung semi permanen yang berdiri di bibir pantai, porak-poranda diterjang gelombang tinggi yang terjadi di Pantai Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (30/8/2022), sekitar pukul 09.00 WIB.

Bakohumas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Hery Purwoto, mengungkapkan, tinggi gelombang di Pantai Suwuk mencapai 6 meter. Akibatnya, air laut menyentuh daratan sejauh lebih dari 100 meter dari bibir pantai.


Gelombang pasang juga terjadi wilayah pesisir selatan Kabupaten Kebumen yang lain, dari Kecamatan Ayah hingga Mirit. “Dampak terparah hanya di Pantai Suwuk. Di Pantai Karangduwur, Kecamatan Ayah, gelombang laut sempat sampai parkiran perahu. Sempat satu perahu terseret ombak, namun dapat diselamatkan,” jelas Hery.


Sejumlah pedagang di Pantai Suwuk mengungkapkan, gelombang pasang tidak hanya merusak bangunan warung, namun juga seluruh peralatan yang ada. Pedagang mengaku tidak sempat menyelamatkan alat-alat karena gelombang tinggi datang saat warung masih tutup.


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama jajaran Forkompimda yang langsung meninjau lokasi bencana, memastikan tidak ada korban jiwa. Bupati juga memastikan akan segera melakukan penataan kembali dengan perencanaan yang matang. Utamanya lokasi bangunan yang nantinya berada tidak terlalu dekat dengan pantai, termasuk konstruksi bangunan dibuat lebih kuat.


“Saat ini, difokuskan membantu warga membersihkan puing-puing dengan melibatkan tim gabungan TNI, Polri, BPBD, dan relawan,” ujar Arif.

 

**


BERITA TERKAIT