Malioboro Mall dan Hotel Ibis Diambil Alih Pemda, Sultan Sebut Karyawan Tak di PHK
KRJOGJA.COM | 14/09/2022 14:56
Malioboro Mall dan Hotel Ibis Diambil Alih Pemda, Sultan Sebut Karyawan Tak di PHK
Seni instalasi berupa panji dengan aksara Jawa dan bunga di kawasan wisata Malioboro Yogyakarta. TEMPO | Shinta Maharani

Krjogja.com - YOGYA, KRJOGJA.com - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengambil alih aset tanah dan bangunan Mall Malioboro dan Hotel Ibis yang berada di kawasan Malioboro, terhitung sejak 12 September 2022. Pemda DIY dan PT AMI mempunyai hak dan wewenang penuh dalam pemanfaatan tanah dan bangunan Malioboro, termasuk fasilitas didalamnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan serah terima aset dilakukan karena memang Malioboro Mall dan sebagian hotel Ibis merupakan aset milik Pemda DIY. Menurut Sultan, adanya perubahan manajemen pengelolaan tak lantas membuat operasional tutup karena adanya masyarakat dan swasta yang berjualan di mall. 

"Kan tidak berganti orang, hanya manajemennya yang berganti lagi sehingga tidak akan kita tutup. Ada tim sementara untuk mengelola kedua bangunan. Yang penting jangan ditutup dulu, kita juga perlu menyelesaikan aset, kan hotel itu juga ada aset milik yang lain," ungkapnya.

Sultan memastikan ratusan karyawan di mall dan hotel tersebut tidak akan di-PHK karena operasional mall takan dibuka seperti biasanya dengan pengelolaan yang dilakukan oleh manajemen baru. Sebelumnya muncul keresahan dari para pekerja karena ada yang sudah menandatangani surat PHK dari manajemen lama.

"Pegawai yang ada diprioritaskan untuk bekerja kembali, jadi tidak ada PHK,” ungkap Sultan lagi.

 

**


BERITA TERKAIT