Selundupkan Tiga Karung Ganja, Polda Papua Tangkap Empat Warga Papua Nugini
METROMERAUKE.COM | 15/01/2019 16:10
Selundupkan Tiga Karung Ganja, Polda Papua Tangkap Empat Warga Papua Nugini
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal

Metro Merauke – Direktorat Narkoba (Dit Narkoba) Polda Papua menangkap empat warga Papua Nugini (PNG) yang menyelundupkan ganja ke Kota Jayapura sebanyak tiga karung ukuran sedang, untuk diedarkan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan, keempat warga PNG itu yakni KE (22 tahun), ST (26 tahun), S (19 tahun), dan A (22 tahun). Mereka ditangkap di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Senin (14/01) malam.

BACA JUGA: Diduga Sering Cekcok Dengan Pasangan, Ibu Muda Nekat Gantung Diri Di Kamar Mandi

“Kami mendapat informasi jika ada WNA asal PNG membawa ganja ke wilayah Kota Jayapura. Tim kemudian mendalami informasi itu, dan berhasil mengidentifikasi ciri-ciri keempatnya,” kata Kombes Pol. A.M. Kamal, Selasa (15/01).

Menurutnya, Tim Polda Papua terlebih dahulu meringkus tersangka KE dan ST. Keduanya ditangkap saat berada di salah satu warung makan di sekitar Entrop.

Ketika dilakukan penggeledahan terhadap KE dan ST, polisi mendapati bungkusan plastik berukuran sedang, dalam karung di tas jinjing berwarna hitam.

Kata Kombes Pol A.M. Kamal, dari keterangan keduanya, diketahui jika dua pelaku lainnya berada di salah satu hotel di kawasan itu.

“Tim langsung menuju hotel yang dimaksud, dan mengamankan dua pelaku lain yakni S serta A. Ketika kamar hotel yang ditempati para pelaku digeledah, ditemukan tiga karung ukuran sedang ganja disimpan dalam lemari,” ujarnya.

BACA JUGA: Istilah 52 Merebak, Sirfefa: Saya Minta Bupati Merauke Kurangi Perjalanan Keluar Daerah

Katanya, selain ganja dalam tiga karung ukuran sedang, polisi juga mengamankan barang bukti sebanyak 41 bungkus ganja dalam plastik ukuran sedang. Pelaku dan barang bukti kini diamankan Dit Narkoba Polda Papua untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Keempatnya disangkakan pasal 111 ayat (1) UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya, minimal empat tahun penjara, maksimal 12 tahun, dan denda paling sedikit Rp 800 juta, paling banyak Rp 8 miliar,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

METROMERAUKE.COM


BERITA TERKAIT