Pemungutan Suara Ulang Boven Digoel Digelar, Semua Pihak Diminta Terima Apapun Hasilnya
METROMERAUKE.COM | 18/07/2021 15:06
Pemungutan Suara Ulang Boven Digoel Digelar, Semua Pihak Diminta Terima Apapun Hasilnya
Petugas TPS yang dilengkapi APD mengarahkan warga untuk memberikan hak pilih di TPS Lapangan PTPN Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan dalam kegiatan simulasi pemungutan suara dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada pemilihan serentak 2020, 12 September 2020. KPU RI menggelar simulasi pemungutan suara dengan memastikan efektivitas penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilengkapi yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang. Tempo/Nurdiansah

Metro Merauke – Semua pihak diminta dapat menerima apapun hasil pemungutan suara ulang atau PSU Kabupaten Boven Digoel, Papua yang serentak dilaksanakan di 20 distrik, Sabtu (17/07/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Boven Digoel, Yoseph Awunim mengatakan semua pihak, terutama peserta pilkada dan masyarakat di sana, diharap dapat menerima apapun hasil PSU.

Sebab, sehari sebelum hari pelaksanaan pencoblosan, telah dilakukan deklarasi damai bersama.

“Utamanya, pihak [yang] menang bisa menghargai yang kalah. Sebaliknya, yang kalah dapat menerima kekalahan dengan lapang dada,” ucap Yoseph kepada Metro Merauke, Sabtu (17/07/2021).

Sekda Boven Digoel, Yoseph Awunim usai menggunakan hak pilihnya di TPS 14, Kampung Persatuan, langsung ikut memantau jalannya pesta demokrasi di wilayah tersebut.

Ia memastikan, pelaksanaan PSU Boven Digoel di tengah pandemi Covid-19 berlangsung aman dan damai, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Meski tadi, Boven Digoel diguyur hujan, namun antusias warga untuk menyalurkan hak suaranya, dengan datang ke TPS cukup banyak,” tuturnya.

Menurutnya, pilkada yang demokratis dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar sesuai pilihan masyarakat.

Sekda mengapresiasi semua pihak, yang terlibat melaksanakan PSU dan berpartisipasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Boven Digoel.

Baik itu KPU, Badan Pengawas Pemilu, aparat keamanan, hingga masyarakat yang telah ikut mensukseskan terlaksananya pilkada di sana.

“Kita semua harus menunggu hasil final PSU dari KPU,” ujarnya.

metromerauke.com


BERITA TERKAIT