Warga Yapen yang Mengungsi Kembali ke Kampungnya
METROMERAUKE.COM | 19/08/2021 12:57
Warga Yapen yang Mengungsi Kembali ke Kampungnya
Pemukiman pengungsi Papua di PNG - Dok. Jubi

Metro Merauke –  Ratusan warga Kampung Sasawa, Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua yang mengungsi telah kembali ke kampungnya, Minggu (15/8/2021).

Kepala Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey mengatakan, warga bersedia kembali ke kampung. Akan tetapi mereka meminta jaminan keamanan.

Ramandey memimpin tim Komnas HAM Papua mendatangi titik pengungsian di hulu sungai Sasawa, akhir pekan lalu. Di sana pihaknya bertemu 215 warga di 10 kamp pengungsian.

“Warga yang ada di satu kamp lagi kami tidak dapat bertemu, karena lokasi mereka berpindah pindah. Diperkirakan di satu kamp itu ada sekira 15 warga,” kata Frits Ramandey, Rabu (18/08/2021).

Menurutnya, agar pengungsi yang terdiri dari anak-anak, perempuan dan laki laki dewasa itu mau kembali ke kampungnya, ia kemudian berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, Kapolda, Dandim, Kapolres.

Komnas HAM Papua meminta para pihak itu memberikan jaminan keamanan kepada pengungsi, saat kembali ke Kampung Sasawa.

“Para pihak itu memberikan jaminan keamanan kepada warga Sasawa, apabila kembali ke kampungnya,” ucapnya.

Katanya, ia juga bertemu dengan Fernando Warobay. Pimpinan kelompokan bersenjata di Yapen Barat. Fernandopun menjamin kemanan warga apabila kembali ke kampungnya.

“Semua pihak komitmen menjamin keamanan masyarakat yang kembali dari lokasi pengungsian. Sebab, mereka ingin pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, pemerintahan di kampung bisa berjalan baik,” ujarnya.

Ratusan warga Sasawa meninggalkan kampungnya sejak 5 Agutus 2021. Mereka mencari tempat yang aman setelah Polres Yapen yang dibantu personel Brimob menyisir kampung Sasawa. 

Aparat keamanan menyisir Kampung Sasawa mencari kelompok bersenjata, yang diduga melakukan tindakan melanggar hukum.


BERITA TERKAIT