Kantor Pos Kembalikan Dana BST Ratusan KPM Distrik Merauke
METROMERAUKE.COM | 21/03/2022 13:00
Kantor Pos Kembalikan Dana BST Ratusan KPM Distrik Merauke
ilustrasi uang

Metro Merauke – Kantor Pos Merauke, Papua akan mengembalikan dana bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial.

Pengembalian tersebut dilakukan, karena ada ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) pada 13 kelurahan di Distrik Merauke tidak kunjung mengambilnya.

“Bahkan petugas sudah melakukan pencarian door to door ke alamat KPM tapi tidak ditemukan. Ada yang datanya ganda, warga tidak dikenal dan ada yang sudah pindah,” ujar Sekretaris Satgas BSP, Ana Mabruroh kepada wartawan, Jumat (18/O3/2O22).

Ana Mabruroh merinci, sedikitnya ada 252 KPM di Distrik Merauke yang belum mencairkan dana bantuannya tersebut. Dimana besarannya, setiap KPM mendapatkan Rp 6OO.OOO untuk Bulan Januari, Februari, dan Maret.

“Totalnya ada 252 keluarga penerima manfaat yang belum mengambil. Ini tersebar di 13 kelurahan di Distrik Merauke. Hari Jumat merupakan batas akhir pencairan. Ya, kalau tidak diambil, dananya akan kita kembalikan ke Kas Negara,” terangnya.

Dijelaskannya, Kantor POS terkendala akses dalam penyaluran dana BST ke daerah pesisir, semisal Distrik Naukenjerai, Okaba, Tubang, Kimaam, Ngguti, dan Waan.

Pihaknya berharap dilakukan penjadwalan ulang dari Kemensos agar penyaluran BST dapat optimal.

“Hari ini memang hari terakhir, tapi belum semua tersalurkan. Petugas terkendala akses, karena cuaca kurang mendukung dan jalan rusak. Sehingga BST di beberapa distrik belum disalurkan,” tandasnya. 

metromerauke.co


BERITA TERKAIT