Lebih Separuh Anggota DPRD Provinsi Tersingkir di Pileg, Berikut 14 Petahana yang Berhasil Lolos
JAMBERITA.COM | 13/05/2019 12:24
Lebih Separuh Anggota DPRD Provinsi Tersingkir di Pileg, Berikut 14 Petahana yang Berhasil Lolos

JAMBERITA.COM- Lebih dari separuh Anggota DPRD Provinsi tersingkir Pada Pemilu 2019. Hanya ada 14 nama yang mampu mempertahankan kursinya di parlemen. Ini termasuk nama Rahima yang mundur karena pindah ke Nasdem.

Baca juga: Semarakkan Ramadhan, Teater Tonggak Gelar "Dzikir Para Penyair"

Sementara 5 orang memilih untuk tidak mencalonkan diri lagi. Yakni Elhelwi, Parlagutan dan Kusnindar. Anggot DPRD hasil PAW Aswan Zahari dan Suharjo tidak maju di Pileg.

Berdasarkan data perolehan sementara yang kami terima dalam pleno KPU, 14 orang itu ada di Partai PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, PAN, dan Demokrat.

Berikut ini adalah catatan para caleg petahana yang mampu bertahan dan terpilih kembali.

PDIP - Zainul Arfan, Mesran, Luhut Silaban

Golkar - Juber

Gerindra - Budiyako, M. Khairil, Bustami Yahya

PAN - Hasyim Ayub, Agus Rama

PKS - Supriyanto, Rudi Wijaya

PKB - Eka Marlina

Demokrat - Hasani Hamid, Nurhayati

NasDem - Rahima (Mundur, bukan lagi Anggota DPRD Provinsi Jambi)

Beberapa anggota dewan periode 2014 - 2019 ini memang ada yang tidak lagi mencalonkan diri, naik tingkatan, dan ada yang meninggal dunia.

Untuk yang naik tingkatan ke DPR RI sendiri ada Cornelis Buston, Sufardi Nurzain, Zainal Abidin, Yanti Maria dan Chumaidi Zaidi. Namun mereka sepertinya tidak serius maju karena tidak ada pergerakan sosialisasi yang dilakukan. Apalagi beberapa dari mereka tersangkut kasus di KPK.

Para petahana yang kembali mencalonkan diri di dapil yang sama namun tidak terpilih seperti Gusrizal, Syahbandar, Tajuddin Hasan, Mauli, Hasan Ibrahim Muhammadiyah, Fahrurrozi, Nasri Umar. Lalu Wiwit Iswara, Cek man, Rahmat Eka Putra, Popriyanto.

Selanjutnya Sainuddin, Isroni, Effendi Hatta, Karyani Ahmad, Mas Untung, Mardinal, Syamsul Anwar, Edmon, Muntalia, Ismet Kahar Melly Khiariya. Sementara Suliyanti yang maju untuk DPRD Kota Jambi juga tak terpilih. 

Untuk yang meninggal dunia sendiri seperti Alm. Zoerman Manap dan juga Alm. Mayloeddin sendiri digantikan melalui PAW dan penggantinya tidak maju di Pileg.

Terkhusus kepada Rahima, dirinya merupakan anggota DPRD Provinsi 2014 - 2019 dari Demokrat namun saat ini diprediksi duduk kembali dengan perahu NasDem. (am)

jamberita.com


BERITA TERKAIT