Kualitas Udara Terus Memburuk, Pemkot Jambi Liburkan ASN dan Karyawan Hamil
JAMBERITA.COM | 23/09/2019 10:30
Kualitas Udara Terus Memburuk, Pemkot Jambi Liburkan ASN dan Karyawan Hamil
Pengendara kendaraan bermotor menembus kabut asap pekat dampak dari kebekaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Jumat, 13 September 2019. Kota Pekanbaru menjadi salah satu wilayah di Provinsi Riau yang terpapar kabut asap pekat yang mengakibatkan jarak pandang menurun drastis di Kota tersebut. ANTARA

JAMBERITA.COM-  Angka Kualitas  udara yang terus membhayakan bagi kesehatan membuat Pemerintah Kota Jambi tidak hanya meliburkan siswa PAUD/TK, SD dan SMP saja, tapi juga kelompok rentan ibu hamil khususnya di lingkup Pemerintah Kota Jambi.

Pihak perusahaan swasta juga dihimbau untuk melakukan kebijakan yang sama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA: Polda Jambi Tetapkan 37 Tersangka Karhutla, Satu Korporasi Naik Penyidikan

Dimana, dalam keterangan tertulis resmi dari Pemerintah Kota (Pmekot) Jambi, Pemkot meliburkan ASN/PTT Ibu Hamil di lingkup Pemkot Jambi selama tiga hari.

“Tak hanya itu, kepada sektor swasta dalam Kota Jambi juga dihimbau memberikan dispensasi LIBUR bagi karyawannya yang sedang dalam kondisi hamil, selama 3 hari,” kata Juru Bicara Pemkot Jambi, Abu Bakar Minggu (22/9/2019).

Berdasarkan data AQMS Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Jambi, bahwa kecenderungan kualitas udara berada DIATAS BAKU MUTU atau berada diatas batas tenggang yang diperbolehkan, berdasarkan Permen LHK nomor 12 Tahun 2010, dengan kategori SANGAT TIDAK SEHAT hingga BERBAHAYA.

BACA: Pemprov Jambi Liburkan Siswa SMA/SMK dan Sederajat Dua Hari

Maka dengan berpedoman pada MAKLUMAT WALIKOTA JAMBI, Nomor : 180/179 /HKU/2019, Tentang Antisipasi Dampak Kabut Asap, dan berdasarkan hasil koordinasi DLHD Kota Jambi dan Dinas Kesehatan Kota Jambi, terkait dengan dampak udara terhadap kesehatan IBU HAMIL. Maka Pemerintah Kota Jambi menetapkan kebijakan sebagai berikut :

  1. MELIBURKAN ASN / PTT IBU HAMIL dilingkup Pemerintah Kota Jambi selama 3 hari, mulai tanggal 23 s.d 25 September 2019.
  2. Kepada SEKTOR SWASTA dalam Kota Jambi, juga dihimbau memberikan dispensasi *LIBUR* bagi karyawannya yang sedang dalam kondisi hamil, selama 3 hari, mulai tanggal 23 s.d 25 September 2019.

Kebijakan ini akan disesuaikan seperlunya dengan memperhatikan kondisi udara sebagaimana amanat dalam Maklumat dimaksud.(*/sm)

JAMBERITA.COM


BERITA TERKAIT