Disdik Jambi akan Mengevaluasi Seluruh Kepsek SMA dan SMK
JAMBERITA.COM | 06/08/2021 17:14
Disdik Jambi akan Mengevaluasi Seluruh Kepsek SMA dan SMK
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar saat hari pertama masuk sekolah pembelajaran tatap muka di SMAN 1 Mataram, NTB, Senin, 4 Januari 2021. Pembelajaran secara tatap muka terbatas di tengah pandemi COVID-19 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 mulai dilaksanakan di wilayah NTB pada4 Januari 2021 di sejumlah sekolah jenjang SMA, SMK dan SLB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

JAMBERITA.COM- Perintah Gubernur Jambi Al Haris kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi segera mungkin untuk melakukan evaluasi seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK/SLB.

Kepala Dinas (Kadis) melalui Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi Misrinadi membenarkan, bahwa secara lisan pihaknya telah mendapatkan perintah dari Gubernur Jambi untuk melakukan evaluasi seluruh Kepsek terutama di dalam Kota.

"Ini sebenarnya, kalau masalah Kepsek memang sudah perlu dievaluasi karena sebagian Kepsek sudah banyak yang melebihi masa jabatannya, kadaluarsa. Pak Gubernur secara lisan memanggil saya bersama pak Kadis untuk segera mengevaluasi dalam bentuk assessment Kepsek," ujarnya, Kamis (5/8/2021). 

Misrinadi menjelaskan, Gubernur Jambi mengatakan bahwa dirinya ingin pendidikan di Provinsi Jambi ini maju, tentu menjadi nahkoda bagi sekolah-sekolah besar, termasuk SMA/SMK di dalam Kota khususnya selalu dilaporkan kerena berbagai macam masalah.

"Jadi kita ingin melihat nanti, yang mengelola sekolah-sekolah besar seperti ini adalah orang-orang yang punya potensi sehingga bisa meminimalisir permasalahan terutama masalah pendidikan dalam kota, dan se Provinsi Jambi pada umumnya," terangnya.

Menurutnya, secara lisan Gubernur Jambi juga memerintahkan Disdik untuk segera mengkaji dan membentuk tim agar segera melakukan evaluasi Kepsek ataupun assessment tersebut.

"Intinya Kepsek itu yang berkompeten lah, maka perintah itu harus diadakan evaluasi sesegera mungkin, pokoknya secepat mungkin, mulai dari SMA/SMK dan SLB," ujarnya.

Kepsek itu dilihat dari masa jabatan juga kinerja nya, karena beberapa Minggu Gubernur Jambi dilantik, dia juga sudah mengunjungi beberapa daerah termasuk mengunjungi sekolah-sekolah sebagai sample untuk dia memberikan penilaian.

"Pertama sekolah favorit dalam kota sudah banyak sorotan, banyaknya terjadi permasalahan terutama masalah pungli dan buku, makanya pak Gubernur sendiri yang ingin melakukan ini," tambahnya.

Kemudian Misrinadi juga mengklaim bahwa dirinya bersama Kadis dan jajaran memang sebelumnya dimasa pandemi ini sudah turun ke lapangan mengecek sekolah-sekolah SMA/SMK baik dalam kota maupun di kabupaten.

"Untuk sekolah-sekolah yang lain Kepsek nya tidur bae, dan juga informasi ini ditambah karena saya sendiri bersama Kadis sudah turun ke beberapa SMA/SMK, dan ada beberapa yang Kepsek nya tidak masuk, tidak tahu menahu sekolahnya," tulisnya.

"Dan itu sudah kita berikan baik secara lisan maupun tulisan Kepsek yang lalai, sekolah yang sudah berlumut, terus sekolah yang diperhatikan dengan tidak itu nampak. tegasnya. "SMA/SMK dalam kota akan betul karena Kepsek nya dari dulu itu, ke itu lah," pungkasnya.

jamberita.com


BERITA TERKAIT