Telah Dibuka, Mal Pelayanan Publik Kota Jambi Layani 115 Perizinan
JAMBERITA.COM | 19/05/2022 09:00
Telah Dibuka, Mal Pelayanan Publik Kota Jambi Layani 115 Perizinan

JAMBI- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi telah beroperasi secara penuh untuk melayani berbagai jenis layanan publik di Kota Jambi. Selasa siang (17/5) dilakukan soft opening yang dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Soft opening dan operasionalisasi layanan MPP tersebut dilaksanakan tepat pada hari perayaan peringatan 76 tahun Pemerintah Kota Jambi dan sebagai rangkaian semarak peringatan 76 tahun Pemkot Jambi serta 621 tahun hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Adapun grand opening MPP akan dilaksanakan seusai Rapat Paripurna DPRD Kota Jambi 28 Mei mendatang dan direncanakan akan diresmikan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Kehadiran MPP Kota Jambi mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti dihari pertama soft opening, masyarakat sangat antusias memadati MPP untuk mengurus berbagai jenis layanan publik, seperti layanan KTP, SIM, Imigrasi, BNN, pencari kerja, Samsat, pajak daerah dan sebagainya.

Soft opening MPP Kota Jambi juga dirangkai dengan seremoni penandatanganan kesepakatan bersama Pemerintah Kota Jambi dengan penyelenggara pelayanan terpadu di Mal Pelayanan Publik. Ada 21 penyelenggara yang terdiri dari instansi vertikal, BUMN, BUMD, mupun organisasi profesi layanan publik.

Dalam sambutannya Wali Kota Fasha ungkapkan bahwa saat ini tidak semua daerah provinsi di Indonesia yang memiliki Mal Pelayanan Publik. Menurutnya, Kota Jambi memang mengambil inisiatif menjadi yang terdepan untuk wujudkan dan hadirkan layanan publik yang berkualitas, mudah, dan manusiawi bagi masyarakat Kota Jambi, serta menjawab harapan dan dinamika kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.

"Hadirnya MPP ini adalah bukti kesungguhan kami untuk terus berkomitmen menghadirkan dan mendekatkan layanan yang mudah, manusiawi dan berkualitas kepada masyarakat kami. Semoga ini menjawab harapan masyarakat selama ini," ujar Fasha dalam sambutannya.

Pembangunan MPP Kota Jambi sendiri merupakan bukti komitmen kuat dari Wali Kota Jambi dalam upaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kota Jambi, selain sebagai wujud implementasi reformasi birokrasi dan pelayanan publik. MPP juga menjadi salah satu strategi pemerintah Kota Jambi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi, serta terpadu dan terintegrasi, dalam menyediakan layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Berdiri diatas lahan 3.000 meter persegi, bangunan megah 3 lantai MPP Kota Jambi siap melayani berbagai kebutuhan pelayanan publik yang selama ini terpencar diberbagai lokasi. Kini, masyarakat tidak perlu repot lagi untuk mengurus banyak hal dilokasi yang berbeda, karena di MPP urusan layanan administrasi hingga perizinan berusaha dan lainnya bisa dilakukan dalam satu tempat.

Total terdapat 115 jenis pelayanan publik yang disediakan oleh 21 instansi vertikal, daerah, BUMN, BUMD, seperti layanan perpajakan, perbankan, pembuatan SIM, SKCK, paspor, pertanahan, BPJS, pengadaan barang/jasa, KTP, urusan haji, pernikahan dan lainnya. Fasilitas yang disediakanpun sangat lengkap, mulai dari area permainan anak, ruang laktasi, ruang konsultasi, cafe, dan MPP ramah bagi penyandang disabilitas.

 

jamberita.com


BERITA TERKAIT