PLN Launching Stasiun Kendaraan Listrik Pertama di Maluku dan Malut, Ini Lokasinya
TERASMALUKU.COM | 13/04/2021 10:24
PLN Launching Stasiun Kendaraan Listrik Pertama di Maluku dan Malut, Ini Lokasinya
Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menguji coba penukaran baterai untuk kendaraan listrik di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Gedung Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020. SPBKLU tersebut merupakan bilik penukaran baterai listrik dengan menggunakan aplikasi. TEMPO/Tony Hartawan

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Dalam rangka mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), PLN membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Maluku dan Maluku Utara (Malut) yang berlokasi di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon Kota.

SPKLU ini dilaunching secara resmi pada Senin (12/4/2021) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang mewakili Gubernur Maluku, disaksikan oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Adams Yogasara.

Kasrul menyampaikan pihaknya mendukung apa yang dilakukan oleh PLN ini.

“Dukungan yang kami berikan ini tentu juga harus bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kita akan menjajaki dengan PLN dan distributor untuk pengadaan sepeda motor listrik sehingga ke depan di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku tidak lagi menggunakan sepeda motor yang konvensional. Namun tentu ini harus dikaji berdasarkan segmentasi pasar yg berbeda-beda untuk masyarakat,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury menyampaikan bahwa pihaknya pun mendukung sepenuhnya terkait dengan pembangunan SPKLU dan penggunaaan kendaraan listrik.

“Dalam hal ini tentu sosialisasi juga penting untuk dilakukan. Penggunaan kendaraan listrik ini dampaknya besar, salah satunya bisa mengatasi persoalan lingkungan. DPRD berharap sosialisasi ke masyarakat dapat secara masif dilakukan dan kami juga akan melakukan hal yang sama untuk menjelaskan ke masyarakat manfaat dan kegunaan kendaraan listrik,” jelasnya.

General Manager PLN UIW MMU Adams Yogasara mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholders kepada PLN, khususnya dalam melaksanakan salah satu program pemerintah.

Yaitu mendorong penggunaan (KBLBB) yang selanjutnya diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan pengguna kendaraan listrik di Provinsi Maluku.

“SPKLU yang telah dilaunching adalah SPKLU pertama di Maluku dan Maluku Utara. Ke depan, kami akan membangun SPKLU kedua yang rencananya akan dibangun di Kota Ternate. Besar harapan kami, ke depan kami juga dapat membangun SPKLU lainnya di seluruh Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara,” ujar Adams.

Launching dari SPKLU ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk mendorong gaya hidup berbasis listrik atau electrifying lifestyle yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, kehadiran SPKLU di Kota Ambon juga diharapkan dapat mendukung para pemilik store kendaraan listrik yang ada di Kota Ambon dan memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik di Ambon dalam melakukan pengisian kendaraannya.

Pada launching ini juga dilakukan konvoi motor dan sepeda listrik yang dilakukan oleh PLN UIW MMU bersama dengan Sekda Maluku, Ketua DPRD Provinsi Maluku dan stakeholders lainnya.

terasmaluku.com


BERITA TERKAIT