Pelantikan Penjabat Bupati/Walikota di Maluku Ditunda, Ini Alasannya
TERASMALUKU.COM | 21/05/2022 19:15
Pelantikan Penjabat Bupati/Walikota di Maluku Ditunda, Ini Alasannya

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pelantikan Penjabat Bupati/Walikota di Maluku untuk empat kabupaten/kota yakni Ambon, Buru, Seram Bagian Barat (SBB) dan Kepulauan Tanimbar ditunda.

Ini disampaikan Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie saat dikonfirmasi terasmaluku.com, Sabtu (21/5/2022) malam.

Padahal besok, Minggu 22 Mei 2022, masa jabatan empat Kepala Daerah di Maluku yakni Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Wakil walikota Ambon, Syarief Hadler, Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Wakil Bupati, Amustafa Besan, Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon dan Wakil Bupati, Agustinus Utuwaly serta Bupati SBB, Timothius Akerina resmi berakhir.

Sadali mengatakan, empat Penjabat Kepala Daerah ini baru akan dilantik pada Selasa 24 Mei 2022.

Sebagimana diketahui, Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian telah menunjuk dan mengangkat Bodewin wattimena sebagai Penjabat Walikota Ambon, Djalaludin Salmpessy sebgai Penjabt Bupati Buru, Daniel Indey sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar serta Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin ssebagai Penjabt Bupati Seram Bagian Barat (SBB).

“Pelantikan (Penjabat Bupti/Walikota) ditunda, nanti dilantik 24 Mei (2022),”kata Sadali via seluler.

Alasan penundaan kata Sadali, Pemda Maluku memberikan waktu kepada empat orang yang telah ditetapkan Mendagri itu untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan atribut untuk proses pelantikan.

Di lain sisi, khusus untuk Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin, juga baru bisa tiba di Ambon pada Senin 23 Mei, sehingga pelantikan diundur dan akan dilakukan pada Selasa 24 Mei.

“Penundaan karena kita berikan kesempatan kepada para calon (penjabat bupati/walikota) untuk persiapkan pakaian. Dan juga untuk calon penjabat Bupati SBB, dia kan dari Sulawesi Tengah, jadi dia siapkan dia punya hal-hal dan intinya dia baru bisa masuk Ambon 23 sehingga pelantikan akan dlakukan pada 24 Mei,”tandasnya.

Sebelumnya, Kapuspen Kemendagri, Benny Irwan mengatakan Pemda Maluku dalam hal ini Gubernur diminta agar dapat melantik penjabat kepala daerah yang telh ditunjuk dan diangkat Mendagri itu pada 22 Mei 2022 atau paling lambat 24 Mei 2022.

Apalagi SK pelantikan sudah diserahkan Mendagri dan diambil pihak Pemda Maluku Sabtu pagi.

 

terasmaluku.com


BERITA TERKAIT