Pameran Alutsista TNI, Warga Ambon Bebas Naik Alat Tempur Tank
TERASMALUKU.COM | 01/10/2022 17:31
Pameran Alutsista TNI, Warga Ambon Bebas Naik Alat Tempur Tank

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menyambut HUT TNI ke 77, jajaran TNI di Maluku menggelar pameran alutsista dan UMKM di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (1/10/2022).

Dalam pemeran yang akan berlangsung hingga Minggu (2/10/2022) ini, dipamerkan peralatan TNI dari tiga matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Pameran diikuti Kodam XVI/ Pattimura, Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura serta stakeholder terkait lainnya. Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan jelang HUT ke-77 TNI yang puncaknya pada 5 Oktober mendatang.

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa beserta Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura, Ny. Indah Ruruh A.Setyawibawa hadir dalam acara tersebut.

Danlantamal XI/Ambon, Brigjen Mar Said Latuconsina mendapat kehormatan membuka langsung pameran alutsista dan UMKM ditandai dengan pemotongan pita merah putih.

Pameran yang juga diikuti UKMK Maluku ini sukses menyedot antusias masyarakat Ambon.

Warga Ambon bebas naik alat tempur TNI seperti tank dan juga melihat persenjataan tempur TNI.

Danlantamal XI/Ambon, menjelaskan pameran alutsista ini adalah sebagai sarana untuk mengenalkan, mengedukasi dan komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat sehingga menumbuhkan dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Selain itu, agar masyarakat dapat mengetahui macam- macam alat pertahanan maupun persenjataan yang dimiliki oleh TNI.

Pangdam dalam kesempatan tersebut mengatakan, selain menjadi momentum penting, pameran ini adalah bentuk pertanggung jawaban dari TNI kepada rakyat.

“Jadi apa yang kita tampilkan hari ini adalah wujud pertanggung jawaban TNI terhadap rakyat Indonesia selaku pembayar pajak. Negara telah menganggarkan untuk kepentingan pembangunan TNI, termasuk dalam mempersenjatai TNI dengan alutsista modern,” jelas Pangdam.

Selaras dengan tema HUT ke-77 TNI “TNI Adalah Kita” Pangdam berharap momen ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap TNI.

“Ibu kandung TNI adalah rakyat, dan manunggalnya TNI dengan rakyat adalah kekuatan bagi TNI dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Jenderal bintang dua ini.

Tak hanya memamerkan alutsista saja, namun pameran ini menjadi ajang edukasi untuk masyarakat, khususnya para pemuda yang bercita- cita menjadi TNI. Mereka dapat berinteraksi dan bertanya jawab dengan petugas seputar rekrutmen TNI. Masyarakat juga dapat mengunjungi stand UMKM Mutiara Pattimura yang menyajikan hasil alam program Mutiara Pattimura.

Para pejabat yang turut hadir dalam pembukaan pameran alutsista diantaranya Kasdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Ka BNN Maluku, Danlanud Pattimura, Persit KCK Daerah XVI/ Pattimura, Jalasenastri, Pia Ardhyagarini dan pejabat Forkopimda Provinsi Maluku serta segenap pejabat TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.

 

**


BERITA TERKAIT