Kisah Nyata: Terkantung-kantung di Laut Kei Besar, Ponsel Selamatkan Penumpang KM Gloria
TERASMALUKU.COM | 10/06/2018 08:30
Kisah Nyata: Terkantung-kantung di Laut Kei Besar, Ponsel Selamatkan Penumpang KM Gloria

TERASMALUKU.COM, TUAL-Tim Gabungan Polres Maluku Tenggara (Malra), Brimob Detasemen C Tual dan SAR Tual melakukan penyelamatan terhadap Kapal Motor Tempel (KMT) Gloria  yang mengalami kerusakan mesin di Tanjung Sorbat Kei Besar Kabupaten Malra pada Sabtu (9/6/2018) pagi. Tim gabungan bertolak dari Pelabuhan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Dumar dengan menggunakan KM. SAR Baratah.

KMT Golria dilaporkan  berangkat dari Pelabuhan Watdek Tual menuju Desa Hori Kecamatan  Kei Besar Utara Barat, Sabtu pukul  06.20 WIT  dengan jumlah penumpang 34 orang dan 2  awak kapal. Berdasarkan informasi dari penumpang dengan menggunakan telepon seluler kepada keluarganya di darat,  motor mengalami gangguan pada mesin akibat ombak besar serta air laut masuk di dalam motor kayu dan membuat para penumpang panik.

LainnyaPemprov Maluku Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran

Tiba di lokasi, KMT Gloria sementara terombang ambing. Tim gabungan kemudian melakukan pengawalan terhadap KMT Gloria  menuju Desa Mun Ohoi Ir Kei Besar Utara Barat, Malra. Seluruh penumpang bersama awak kapal dalam keadaan selamat. Kapal kini dalam perbaikan untuk melanjutkan perjalanan ke desa tujuan.

Kapolres Malra AKBP Indra Fadillah Siregar mengatakan, pihaknya bersama  tim SAR melakukan penyelamatan terhadap KMT Gloria menyusul laporan dari keluarga penumpang ke Pos Polisi KPPP Tual. Laporan itu menurut Kapolres menyebutkan, warga mendapat telepon dari seorang ibu pendeta di atas KMT Gloria, kalau motor yang  mereka tumpangi menuju Desa Hori mengalami gangguan mesin dan minta pertolongan.

LainnyaSurvei MSS : SANTUN Ungguli Pilkada Maluku 41,50 Persen

“Atas laporan tersebut kami berkoordinasi dengan Brimob dan  tim SAR serta pihak lainnya, sehingga  tim gabungan bertolak untuk melakukan penyelamatan dan tim berhasil menemukan KMT Gloria, seluruh penumpang dan awak kapal motor selamat,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres saat ini KMT Gloria bersama seluruh penumpang tambat di Ohoi IR Kecamatan Kei Besar Utara Barat untuk memperbaiki mesin yang mengalami kerusakan dan setelah itu baru melanjutkan perjalanan Ke Ohoi AT Kecamatan Kei Besar Utara Barat. (AS)


BERITA TERKAIT