Warga Kuyawage Papua Terancam Kelaparan
BETAHITA.ID | 31/07/2022 15:28
Warga Kuyawage Papua Terancam Kelaparan

BETAHITA.ID -  Kekeringan melanda Distrik Kuyawage di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Warga terancam kelaparan karena gagal panen. 

Kekeringan ini melanda Distrik Kuyawage di Kabupaten Lanny Jaya sejak 1 Juli lalu. Pertanian masyarakat seperti seperti ubi jalar, sayuran dan tanaman lainnya kekurangan air dan gagal panen. Warga pun kini terancam kelaparan dan membutuhkan bantuan makanan.

”Mahasiswa Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya di Kota Studi Jayawijaya telah bentuk Tim Peduli Bencana Alam Masyarakat Kuyawage,” katanya seperti dikutip dari detikpapua.

Para mahasiswa membuka posko umum di Wamena bertempat di jalan Irian Efesus Wamena untuk mengumpulkan sumbangan. Mereka berharap bantuan berupa uang, sembako, dan bahan makanan yang lainnya layak di konsumsi bagi masyarakat di Kuyawage.

 
Rencananya mereka akan turun jalan untuk menggalang dana dari tanggal 28 Juli hingga 30 Juli 2022. ”Selain itu tim peduli bencana alam Kuyawage akan berkoordinasi dengan BEM PT yang ada di Wamena dan organisasi internal untuk kerja sama galang dana.” 

Sementara dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Daerah WALHI Papua, Maikel Primus Peuki menyebutkan aksi solidaritas dilakukan oleh seluruh mahasiswa di Pulau Papua untuk membantu warga Kuyawage. Ia menyebutkan hujan es dan kekeringan membuat pertanian gagal panen dan mengancam kelaparan.

“Ini adalah kekeringan yang melanda saudara-saudara kami Pengungsi Nduga dan Masyarakat setempat daerah Kuyawage,” ucap dia kepada Betahita.

 

betahita.id


BERITA TERKAIT