Polda Sumut OTT Camat dan Sekcam di Langkat, Duit Pungli Rp 5 Juta Pengurusan IMB Disita
MEDANHEADLINES.COM | 31/01/2020 10:10
Polda Sumut OTT Camat dan Sekcam di Langkat, Duit Pungli Rp 5 Juta Pengurusan IMB Disita

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Petugas Ditkrimsus Polda Sumut berhasil mengamankan Camat Babalan Yafizham Parinduri dan sekretarisnya Rosmiati dan seorang staff nya dalam sebuah operasi tangkap tangan di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (29/1/2020) siang.

Petugas Ditkrimsus Polda Sumut yang datang dengan mengendarai dua mobil yang langsung masuk ke kantor kecamatan tersebut yang berada di Jalan Arnan, Pelawi Utara.

OTT tersebut terkait dugaan tindak pidana korupsi Pungutan liar dan pemerasan terkait dengan penerbitan Surat Rekomendasi Camat untuk pengurusan Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

“Camat dan Sekcam sudah naik status sebagai tersangka,” ucap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmadja, Kamis (30/1).

Dari OTT tersebut, tambah Tatan, diamankan juga barang bukti satu amplop putih bertuliskan PT Mandiri Bersama Saudara yang berisikan uang tunai Rp 100 ribu sebanyak 50 lembar dengan Rp5 juta.

Uang itu diambil dari Sekertaris Camat Babalan Rosmiati yang diduga untuk memuluskan rekomendasi surat IMB.

” Kemudian satu lembar surat nomor : 648-03.R/BBL/2020 perihal permohonan S IMB tanggal 29 Januari 2020 yang ditanda tangani dan Disita dari Camat Yafizam. Kemudia 1 berkas permohonan surat IMB dari atas nama YULIAL FAHRI disita dari Kasi Trantib Camat Babalan Rahmi Nur Fadlina,” ujar Tatan

Saat ini kata Tatan para tersangka ditahan di Mapolda Sumut untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, keduanya dikenakan Pasal 12 Huruf (e) UU No.20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1). (red)

MEDANHEADLINES.COM


BERITA TERKAIT