Tahun Depan, Kepri Jadi Tuan Rumah GTRA Summit
HARIANKEPRI.COM | 11/06/2022 15:45
Tahun Depan, Kepri Jadi Tuan Rumah GTRA Summit

SULTRA (HAKA) – Perhelatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022, yang berlangsung di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin secara virtual pada Kamis, (9/6/2022) malam.

Dalam penutupan kegiatan itu, disepakati bahwa, pada tahun 2023 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri akan menjadi tuan rumah GTRA Summit 2023.

Di malam puncak itu, juga diisi dengan pembacaan deklarasi Wakatobi yang terdiri dari tiga bagian, yakni, deklarasi oleh pemerintah daerah, deklarasi oleh pemerintah pusat, dan deklarasi bersama.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mendapat kesempatan membacakan deklarasi oleh pemerintah daerah tersebut. Deklarasi Wakatobi 2022 itu, sebagian besar, berisi pernyataan ke publik mengenai komitmen dan rencana aksi GTRA.

Ansar menyampaikan, bahwa baginya bicara persoalan masyarakat pesisir dan perairan merupakan hal penting, karena Kepri memang provinsi kepulauan dengan jumlah pulau terbesar.

Di Kepri sambungnya, terdapat 2408 pulau, dengan 379 pulau merupakan pulau berpenghuni.

“Jadi kalau kita bicara proporsi jumlah masyarakat pesisir dan di atas air saya kira tidak lebih dari 1 persen dari jumlah penduduk Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, hasil nyata GTRA Summit 2022 ini akan dapat terukur jika deklarasi Wakatobi yang telah dibacakan bersama dan rekomendasi yang disampaikan dapat diimplementasikan, maka untuk mengevaluasi dan mengasistensi secara rutin akan ada evaluasi tahunan.

Untuk itu Gubernur Ansar menyampaikan siap untuk menjadi tuan rumah GTRA summit 2023 mendatang, dan mengundang seluruh Pemerintah daerah Kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia untuk hadir di Provinsi Kepri.

“Kalau kita semua ini gila kerja, saya kira semua selesai, mudah-mudahan kerja mulia ini membuahkan hasil, jadi amal jariyah,” tuturnya.

Sebagai informasi, jumlah anggota Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir adalah sebanyak 333 kabupaten dan kota serta 9 provinsi.

Adapun agenda yang akan dilaksanakan adalah menindaklajuti agenda GTRA Summit 2022 di Wakatobi dengan komitmen bersama melanjutkan Reforma Agraria sesuai dengan Deklarasi Wakatobi.

 

Harian Kepri.


BERITA TERKAIT