TNI di Banjarnegara Turun ke Sawah, Dampingi Petani Hingga Panen
SATELITPOST.COM | 14/01/2019 11:10
TNI di Banjarnegara Turun ke Sawah, Dampingi Petani Hingga Panen
PRAJURIT TNI Babinsa Koramil 04 Karangkobar, sedang membantu petani mempersiapkan lahan, di Desa Pagarpelah, Kecamatan Karangkobar, Kamis (10/1). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Memasuki musim tanam tahun ini, Banjarnegara menargetkan swasembada pangan. Para petani juga sudah mulai mempersiapkan lahan, untuk dilakukan tanam serentak.

Guna mendukung program tersebut, prajurit TNI Kodim 0704/Banjarnegara langsung terjun ke sawah guna membantu petani dalam penggarapan lahan.

Komandan Kodim 0704/Banjarnegara, Letkol Inf bagas Gunanto melalui Danramil 04 Karangkobar, Kapten Inf Bambang Aprianto mengatakan, pendampingan terhadap petani dilakukan mulai dari persiapan lahan, penanaman, hingga panen. Seperti yang dilakukan Babinsa bersama petani di Desa Pagarpelah, Kecamatan Karangkobar, Kamis (10/1).

BACA JUGA: Banjarnegara Terima Bantuan Bencana Rp 4,2 Miliar

Pendampingan yang dilakukan di desa tersebut, mulai dengan mengolah lahan bersama Kelompok Tani Raga Jaya dan Semeru Jaya pada lahan seluas 0,75 hektare.

“Ini untuk persiapan penanaman padi, jenis yang akan ditanam adalah padi galar,” katanya.

Pendampingan langsung ini, dilakukan agar proses penggarapan persiapan lahan menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, hasil panen juga diharapkan melimpah guna mencapai target ketahanan dan swasembada pangan secara nasional.

BACA JUGA: Pohon Tumbang  Tutup Akses Jalan

Kepala Desa Pagarpelah, Jupri mengaku, sangat terbantu dengan turunnya prajurit TNI ke sawah dalam penggarapan lahan. Dia berharap, kebersamaan ini akan menjadikan petani lebih bersemangat, sehingga berdampak pada peningkatan hasil panen.

“Tentunya ini dapat menjadi motovasi tersendiri bagi kalangan petani, apalagi prajurit TNI ini turun langsung. Tidak hanya saat pengolahan lahan, tetapi sampai masa panen,” katanya. (oel)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT