Sudah Satu Bulan Pemohon SIM Hanya Diberi Suket
SATELITPOST.COM | 22/07/2019 14:30
Sudah Satu Bulan Pemohon SIM Hanya Diberi Suket
Petugas pelayanan pembuatan SIM sedang melakukan pemotretan terhadap pemohon pembuatan SIM di kantor lantas unit SIM Polres Purbalingga, kemarin (2)

PURBALINGGA, SATELITPOST-Hampir satu bulan ini pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya diberikan surat keterangan (Suket). Hal ini karena Satlantas Polres Purbalingga kehabisan material SIM. Satlantas Polres Purbalingga masih menunggu kiriman material dari Korps Lalu Lintas Kepolisian RI.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP SS Udiono mengakui, pihaknya mengalami kekosongan material SIM. Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Purbalingga, tetapi di beberapa daerah lain. “Kami masih menunggu kiriman dari Korlantas Polri (Korps Lalu Lintas Kepolisian RI, red),” kata AKP Udiono, Jumat 19 Juli 2019.

BACA: 8 Pilkades di Banyumas Terindikasi Rawan

Meskipun material SIM habis, lanjut Udiono, pihaknya tetap melayani permohonan SIM seperti biasa. Baik mereka yang perpanjangan maupun pembuatan SIM baru. Sebagai gantinya, pemohon diberikan surat keterangan. Surat keterangan tersebut memiliki fungsi sama seperti SIM. “Kita ganti dengan suket, fungsinya sama, berlaku sampai orang tersebut sudah mendapatkan SIM asli,” katanya.

Ia mengatakan, ketika material SIM tersedia, pemegang suket akan dihubungi petugas satlantas. Selain itu, pihaknya juga akan menyebar informasi baik di media cetak maupun elektronik.

“Kalau sudah ada, suket akan ditukar dengan SIM asli, penukaran bisa dilakukan orang yang bersangkutan, atau diwakilkan, yang penting bawa bukti administrasi dan suketnya,” kata dia. (min)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT