2 WNA Jepang dan Malaysia Masuk Dalam DPT di Blitar
JATIMPLUS.ID | 11/03/2019 10:00
2 WNA Jepang dan Malaysia Masuk Dalam DPT di Blitar
Ilustrasi pemilu. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

BLITAR- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar menindaklanjuti informasi adanya 103 warga negara asing (WNA) yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Dari hasil penyelidikan, bawaslu menemukan dua orang WNA asal Jepang dan Malaysia.  Keduanya tercatat dalam DPT wilayah Kecamatan Srengat dan Kecamatan Wlingi.

“Yang warga Jepang bertempat tinggal di Kecamatan Srengat. Sedangkan warga Malaysia tinggal di wilayah Kecamatan Wlingi, “terang Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam Sholahudin kepada wartawan. Untuk memastikan ada tidaknya WNA dalam DPT, Bawaslu langsung berkoordinasi dengan dinas kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil).

BACA JUGA: Ketika Pelajar Berbicara Dengan Foto

Hasil pelacakan sementara dipastikan hanya dua WNA yang masuk ke dalam DPT Kabupaten Blitar. Terkait temuan itu Hakam mengaku sudah melapor ke KPU setempat. Bawaslu meminta segera dilakukan pencoretan. Hal itu mengingat kedua WNA termasuk kelompok pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

“Kita telah merekomendasikan KPU untuk segera melakukan pencoretan, “kata Hakam. Menanggapi hal itu Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah tidak akan serta merta mengabulkan rekomendasi Bawaslu. Sesuai arahan KPU pusat, komisoner Kabupaten Blitar akan lebih dulu melakukan verifikasi administrasi dan lapangan.

BACA JUGA: 10 Kecamatan Diterjang Banjir, Plt Bupati Trenggalek Bagi bagi Nasi dan Roti

“Jika memang terbukti WNA tentu akan langsung kita coret, “kata Imron. Dalam pemilu 2019 ini jumlah DPT di Kabupaten Blitar sebanyak 964.044 pemilih. Dalam proses verifikasi, KPU sempat menemukan 3000an pemilih ganda, yakni selain terdaftar di DPT Kabupaten Blitar, pemilih juga tercatat di DPT daerah lain.

 

Baca selengkapnya di JATIMPLUS.ID


BERITA TERKAIT