Khofifah Sowan ke Pesantren Pendukung Saifullah Yusuf
JATIMPLUS.ID | 19/03/2019 07:00
Khofifah Sowan ke Pesantren Pendukung Saifullah Yusuf
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. ANTARA

KEDIRI – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Pertemuan dengan pengasuh pondok pendukung Syaifullah Yusuf ini pertama kali setelah Khofifah terpilih menjadi gubernur.

Kedatangan Khofifah di kediaman KH Kafabihi Mahrus, Senin 18 Maret 2019 pagi, dihadiri sejumlah pengasuh pondok lain. Diantaranya adalah KH Reza Ahmad Zahid dan KH An’im Falahuddin Mahrus.

Pertemuan Khofifah dengan pengasuh pondok dan para ibu nyai (istri kiai) ini berlangsung cukup lama. Tak terlihat ketegangan di antara mereka meski dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur lalu pondok tersebut tak mendukung Khofifah.

BACA JUGA: Penyerangan Markas Pagar Nusa Hari Ini Tak Terbukti

Kepada Jatimplus, Khofifah mengaku mendatangi keluarga besar Lirboyo untuk meminta doa dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur. “Sebagai tuan rumah, saya sowan kepada keluarga besar Lirboyo sekaligus meminta doa dalam mengawal kepemimpinan Jawa Timur,” kata Khofifah yang menjadi pembicara dalam Studium General Institut Agama Islam Tri Bhakti (IAIT) Lirboyo di Aula Muktamar.

Secara khusus Khofifah telah menyiapkan sejumlah program pemberdayaan pesantren yang akan diberikan kepada Lirboyo. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia menghadapi era industri otomatisasi dan cyber (4.0). Khofifah optimis konsep ini bisa diterapkan di pondok pesantren melalui pelatihan khusus.

BACA JUGA: Begini Cara NU Hadapi Revolusi Industri

Khofifah melihat ada keinginan dari pengurus pondok untuk menciptakan OPOP (one pesantren one product). Namun sampai saat ini belum ada hal riil yang dilakukan secara strategis ke arah sana. Apakah itu sektor pertanian, peternakan, atau perdagangan.

Baca selengkapnya di JATIMPLUS.ID

 


BERITA TERKAIT