Jumlah Naker Proyek Jargas Belum Terdata, Disperinaker Belum Terima Laporan
SUARABANYUURIP.COM | 20/08/2021 13:00
Jumlah Naker Proyek Jargas Belum Terdata, Disperinaker Belum Terima Laporan
Warga Pertanyakan Pembatalan Jaringan Gas

SuaraBanyuurip.com - Bojonegoro - Jumlah tenage kerja (naker) di proyer jaringan gas (jargas) rumah tangga di Kabupaten Bojonegoro belum terdata. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro belum menerima laporan tenaga kerja proyek tersebut. Oleh sebab itu, Disperinaker berencana akan berkoordinasi dengan PT Hutama Karya (HK) untuk membahas data naker.

"Belum menerima data naker proyek jargas dari PT HK," kata Rafiudin Fatoni Kasi Hubungan Industrial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro.

Disperinaker Bojonegoro baru akan berkoordinasi dengan pengawas ketenagakerjaan dan kontraktor apakah sudah melakukan laporan naker proyek jargas. Sebab, ia melanjutkan, setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk melaporkan data naker dan kelengkapan kontrak kerja.

"Karena ini proyek nasional kewajiban untuk melapor di tingkat disperinaker provinsi. Sedangkan untuk disperinaker kabupaten hanya menerima data dan menyelesaikan konflik jika terjadi permasalahan," katanya, Kamis (19/8/2021).

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro Mochlasin Affan mengatakan, setiap proyek nasional harus mematuhi regulasi peraturan yang berada di daerah yakni melibatkan naker lokal. Bojonegoro juga telah memiliki Perda Konten Lokal, jadi bukan hanya perda ini yang dipatuhi akan tetapi semua peraturan di daerah.

"Tentu semua harus mematuhi peraturan yang ada di daerah. Melibatkan naker un skill atau naker skill," ungkapnya.(jk)


BERITA TERKAIT