4 Desa di Bojonegoro Bakal Gelar Pilkades PAW
SUARABANYUURIP.COM | 30/10/2021 07:36
4 Desa di Bojonegoro Bakal Gelar Pilkades PAW
4 Desa di Bojonegoro Bakal Gelar Pilkades PAW

SuaraBanyuurip.com - Bojonegoro - Sebanyak empat desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur bakal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antar waktu (PAW) di akhir tahun ini. Pilkades serentak ini akan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya menjaga jarak hingga 2 meter.

Kepala Dinas PMD Bojonegoro Machmuddin mengatakan, ada empat desa yang akan melaksanakan pilkades di 2021 ini. Yakni Desa Kesongo, Kecamatan Kedungadem; Desa Wotan, Kecamatan Sumberejo; Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu; dan Desa Tapelan, Kecamatan Ngraho.

"Sesuai Inmendagri terkait pelaksanaan pilkades serentak akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan virus korona," katanya, Jumat (29/10/2021).

Dia menjelaskan, tahapan pilkades ini harus menerapkan prokes Covid-19. Di antaranya mengukur suhu tubuh, penggunaan alat pelindung diri seperti memakai masker hingga penyediaan tempat tertutup di tempat pemungutan suara (TPS).

"Juga menghindari terjadinya kerumunan baik dalam dan luar ruangan," jelasnya.

Machmuddin mengatakan, saat ini untukĀ  pemerintahan desa dipegang Plt dari Kecamatan. Nantinya, setelah pilkades selesai akan digantikan kepala desa terpilih.

Sementara itu Camat Ngraho Masirin menambahkan, pelaksanaan pilkades PAW di Kecamatan Ngraho ada satu desa yakni Desa Tapelan. Dan telah mempersiapkan sesuai ketentuan Inmendagri.

"Pilkades di Desa Tapelan dilaksanakan karena kades sebelumnya telah meninggal. Nantinya pilkades ini akan dilaksanakan pada 2 Desember mendatang," jelasnya.(jk)


BERITA TERKAIT