Warga Ngampel Khawatir Adanya Semburan Gas Lagi
SUARABANYUURIP.COM | 21/11/2021 07:20
Warga Ngampel Khawatir Adanya Semburan Gas Lagi
Warga Ngampel Khawatir Adanya Semburan Gas Lagi

SuaraBanyuurip.com - Bojonegoro - Semburan gas di sumur 10 Pad B Lapangan Sukowati PT Pertamina EP Asset 4 dikeluhkan warga sekitar karena menimbulkan bau menyengat. Salah satu warga Desa Ngampel, Kecamatan Kapas mengaku khawatir ada semburan susulan, karena tidak ada pemberitahuan saat sumur mengeluarkan semburan gas.

"Tidak ada pemberitahuan dari Pertamina saat peristiwa itu terjadi," kata Tik Nurmawati salah satu warga Desa Ngampel ini.

Dia mengatakan, awalnya ia mengira bau gas itu adalah solar dari kendaraan yang lewat di depan rumahnya. Namun, ia diberitahu orang yang sedang lewat kalau sumur gas tersebut mengeluarkan semburan gas.

Mengetahui hal itu, kata Bu Tik sapaan akrabnya, langsung memakai masker hingga lapis dua karena baunya sangat menyengat. Setelah itu, ia memberitahu tetangganya kalau ada semburan gas di Lapangan Sukowati.

"Ada keluarga saya yang pusing saat mencium bau tersebut. Apalagi saat di dalam rumah baunya terhenti dalam ruangan," kata perempuan usia 44 tahun itu.

Sementara itu, Kepala Desa Ngampel Purwanto berharap, Pertamina sesuai prosedur saat melakukan aktivitas di Lapangan Sukowati. Juga, mengenai keselamatan warga saat terjadi kebocoran harus lebih diutamakan serta ada pemberitahuan.

"Harusnya ada petugas keselamatan untuk mengevakuasi warga saat terjadi kebocoran," katanya, Sabtu (20/11/2021).

Dia menambahkan, petugas keselamatan dibentuk dan diserahkan ke desa agar mudah saat melakukan evakuasi. Selama ini, kata dia belum ada petugas keselamatan di wilayah operasi migas yakni di Desa Ngampel.

"Saya berharap ada petugas keselamatan jika terjadi peristiwa gas bocor. Juga, ada tali asih dari Pertamina yang dikeluarkan. Dan harapannya peristiwa ini tidak terulang lagi," katanya.(jk)


BERITA TERKAIT