Pertamina EP Minta Penambang Tingkatkan Produksi Minyak Sumur Tua
SUARABANYUURIP.COM | 11/12/2021 11:00
Pertamina EP Minta Penambang Tingkatkan Produksi Minyak Sumur Tua
Target PAD Sumur Minyak Tua Akan Disesuaikan

SuaraBanyuurip.com -  Blora – Pertamina EP Field Cepu meminta kepada para penambang sumur miyak tua di Lapangan Ledok, Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, Jawa Tengah supaya meningkatkan produksi minyaknya. Sebab masih banyak sumur yang belum diusahakan.

“Di Ledok masih banyak sumur yang bisa dikelola,” ujar Perwakilan Pertamina EP Field Cepu, Lusianto, saat berada di Kantor Perkumpulan Penambang Sumur Timba (PPMST) Ledok, Jumat (10/12/2021).

Dengan tarif imbal jasa dari Pertamina EP yang bagus, menurut dia, bisa menjadi semangat para penambang di Ledok untuk meningkatkan produksi. Adapun tarif imbalan jasa periode Desember 2021 sebesar Rp.4125,00 per liter.

“Sekarang ini, produksi dari Lapangan Ledok mencapai 170 berel per hari,” jelasnya.

Lusianto menyampaikan, untuk meningkatkan produksi minyak bisa dilakukan dengan membuka atau melakukan servis sumur tua yang masih tersisa. 

“Bisa koordinasi dengan Perkumpulan dan BUMD. Pertamina tidak mempersulit,” sarannya.

Ditambahkan, Pertamina EP memberikan apresiasi kepada para penambang di Ledok yang tetap menjaga situasi kondusif dan produksi masih disetorkan kepada Pertamina EP.

"Mudah-mudahan bisa mempertahankan kondusifitas ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Penambang Sumur Mibyak Tua (PPMST) Desa Ledok, Supraptono mengatakan situasi penambangan di Lapangan Ledok sampai sekarang ini smasih tetap kondusif. Bahkan, selama ini, pengeloaan sumur tua di Ledok menjadi jujugan daerah lain di Indonesia.

“Untuk belajar dan mengetahui pengelolaan sumur tua di Ledok,” ucapnya kepada suarabanyuurip saat di Yogyakarta belum lama ini.

Dalam pengelolaanya, Supraptono melanjutkan PPMST bekerja sama dengan BUMD Blora sebagai pemegang izin pengelolaan sumur tua di Kabupaten  Blora.  Pihaknya berkomitmen tetap menjaga situasi kondusif dan menjaga hubungan baik antar penambang.

“Di Ledok ada 196 titik sumur minyak tua. Sementara yang baru bisa berproduksi sebanyak 132 titik sumur,” jelasnya.(ams)

 


BERITA TERKAIT