Sesi Pertama Ujian CAT Perades Blora Diulang
SUARABANYUURIP.COM | 21/01/2022 07:27
Sesi Pertama Ujian CAT Perades Blora Diulang
Sesi Pertama Ujian CAT Perades Blora Diulang

SuaraBanyuurip.com - Blora - Ujian Computer Assistant Test (CAT)  Seleksi Perangkat Desa (Perades) Kabupaten Blora, Jawa Tengah tahun 2021 yang diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Kamis (20/1/2022), terpaksa diulang. Hal itu diketahui dari postingan akun resmi Youtube live Streeming IAIN Pekalongan. Peristiwa tersebut mengundang reaksi beragam dari warga.

"Dikarenakan ada kendala di sistem kami, untuk itu ujian di sesi ini dilakukan ujian ulang," tulis komentar dari admin akun resmi IAIN Pekalongan.

Ujian CAT Perades Blora dilaksanakan oleh IAIN Pekalongan bekerja sama dengan Udinus Semarang. Lantaran IAIN tidak memiliki perangkat memadai untuk melaksanakan ujiab.

Humas Udinus, Alexsander mengaku, kendala sistem terjadi pukul 10.50-11.01. Selanjutnya dia minta untuk mengikuti lewat website.

Sementara itu, Hadi Suharto, Ketua Komunitas Perantau Blora mengaku pelaksanaan test Perades oleh IAIN Pekalongan kasat dengan kejanggalan. Tes disinyalir molor dan ada jeda di layar tidak ada hasil. Hanya musik dan tiba-tiba juga ada pemberitahuan kalau Ujian di ulang.

"Wis gak profesional ini pelaksanaane. Ada apakah ini sebenarnya," herannya.

Dia mempertanyakan tentang desas desus isu bahwa pelaksanaan prades ini sarat dengan kepentingan akan jual beli jabatan seperti isu yang santer di Blora. Ada indikasi semua calon di minta sejumlah uang tertentu hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, disinyalir banyak pihak yang bermain.

"Jika diperlukan perwakilan Kopra setiap kecamatan akan kawal semua pelaksanaan ini hingga tuntas dan semua pihak tidak terjebak dalam jual beli jabatan. Jadi  biar fair dan bebas pungli," tegasnya.

Diektahui, ada 2.798 peserta mengikutu ujian CAT seleksi Perades Blora tahun 2021 yang diaksanakan pada 20-23 Januari 2022 di Udinus. Mereka merebutkan 561 formasi jabatan perangkat desa.

Penanggungjawab Teknis CAT Seleksi Perangkat Desa Kabupaten Blora tahun 2021, Dadang Triwahyudi  mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan IAIN Pekalongan dan Udinus. Selama kegiatan Perades Kabupaten Blora, satu harinya terdapat 3 sesi untuk hari Kamis dan Jumat terdapat 2 sesi. Sedangkan, Sabtu dan Minggu terdapat 4 sesi. Ia berharap kegiatan dapat berlangsung aman dan tanpa kendala.

"Kami harap para peserta mematuhi aturan yanng telah ditetapkan seperti hal berpakaian dan bersepatu. Total dua ribuan peserta akan terbagi dalam 4 hari di mana setiap sesinya terdapat maksimum 250 peserta,” jelasnya.

Pelaksanaan tes seleksi perangkat desa Kabupaten Blora 2021 di Udinus  digelar di gedung D lantai 2. Tim IAIN Pekalongan akan bertugas sebagai penguji atau pelaksana ujian, sedangkan Udinus hanya sebagai tempat pelaksanaan CAT seleksi perangkat desa Kabupaten Blora.

suarabanyuurip.com

 


BERITA TERKAIT