Beruang Madu Terobos Hutan Pinggir Markas TNI AU Lanud Pangkalan Bun
BORNEONEWS.CO.ID | 04/10/2019 14:21
Beruang Madu Terobos Hutan Pinggir Markas TNI AU Lanud Pangkalan Bun

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor beruang madu (helarctos malayanus) beberapa hari ini diketahui sering terlihat berkeliaran di pinggiran hutan markas TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun. Beruang itu terlihat melintas dikawasan lapangan sepak bola AURI dan sekitar pinggiran hutan. Bahkan anggota AURI dan masyarakat sempat melihat keberadaannya.

Komandan Landu Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Didik Setiya Nugroho, Jumat, 4 Oktober 2019, menjelaskan bahwa pihaknya memang mengetahui keberadaan satwa tersebut di kawasan hutan Lanud Iskandar.

BACA: Satwa Liar Masuk Permukiman Akibat Karhutla

"Jadi kita memang sudah sering bertemu dengan beruang madu tersebut. Bahkan sering kita ketahui satwa tersebut saat sedang bersama anaknya," ujar Danlanud.

Menurut dia, pihaknya juga telah membuat plang pemberitahuan terkait keberadaan satwa tersebut. "Tujuannya agar masyarakat bisa waspada dan segera menyingkir dan melaporkannya ke petugas bila bertemu satwa tersebut agar tidak diserangnya. Serta mencegah masyarakat untuk menyerang dan menyakiti satwa tersebut," jelas Danlanud.

Pemberitahuan tersebut juga sebagai imbauan bagi masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian hutan Lanud. Di tempat terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wiayah (SKW) II Pangkalan Bun  Dendi Sutiadi menjelaskan, pihaknya juga telah mendapatkan laporan mengenai kemunculan beruang madu di kawasan hutan Lanud Iskandar Pangkalan Bun.

"Saat ini staf kami sudah melakukan pengecekan laporan tersebut. Terkait upaya pencarian dan evakuasi, kami masih proses koordinasi dengan pihak Lanud Iskandar," kata Dendi. (WAHYU KRIDA/B-3)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT