Kisah Unyu, Batola dan Paduran, 3 Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
BORNEONEWS.CO.ID | 20/02/2020 13:07
Kisah Unyu, Batola dan Paduran, 3 Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga individu orangutan dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan, 17 Februari 2020.

Ke 3 orangutan ini berjenis kelamin 1 jantan diberi nama Batola umur 17 tahun, sementara 2 lainnya Paduran umur 12 tahun dan Unyu umur 6 tahun adalah betina. 

Sebelum dilepasliarkan, orangutan ini melakukan perjalanan melalui darat maupun air hingga sampai ke lokasi habitatnya dengan jarak tempuh sekitar 15 jam. "Sebelumnya 3 individu orangutan ini telah menjalani proses rehabilitasi bertahun-tahun di Nyaru Menteng," kata CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite, Kamis 20 Februari 2020.

Dalam proses rahabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya, terlebih dulu individu orangutan telah melewati beberapa tahapan di antaranya mengikuti sekolah hutan. 

"Proses rehabilitasil tersebut di mulai dari sekolah hutan sampai pra-pelepasliaran," tandasnya. Seluruh Individu orangutan yang dlepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan telah melalui semua tahapan proses tersebut. "Semua yang dilepasliarkan di Taman Nasional itu, telah siap untuk hidup secara liar tanpa campur tangan manusia," katanya. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

BORNEONEWS.CO.ID

 


BERITA TERKAIT