Banjir Besar di Katingan, Satu Rumah Warga Ikut Hanyut Terseret Arus Sungai
BORNEONEWS.CO.ID | 14/09/2020 12:00
Banjir Besar di Katingan, Satu Rumah Warga Ikut Hanyut Terseret Arus Sungai

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir yang terjadi di Kabupaten Katingan akibat luapan Sungai Katingan terus meluas. Bahkan pada Minggu, 13 September 2020, satu unit rumah warga di Kampung Kanja Kelurahan Tumbang Sanamang Kecamtan Katingan Hulu hanyut diterjang banjir di Sungai Katingan.

Camat Katingan Hulu, Hernadi mengatakan, tidak ada korban dalam musibah hanyutnya satu rumah warganya itu. Namun demikian kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah hanyutnya rumah di Kampung Kanja Kelurahan Tumbang Sanamang, sebab pemilik rumah dan kekuarganya sebelumnya sudah mengungsi ke tempat keluarganya yang aman dari banjir," sebut Camat Katingan Hulu, Hernadi.

Menurutnya, hingga hari ini banjir masih bertahan di Tumbang Sanamang dan juga di sejumlah desa lainnya. Bahkan di Tumbang Sanamang kondisi banjir hari ini kian bertambah tinggi dibanding sebelumnya.

Banjir kali ini, sebut Hernadi berlangsung lebih lama dibanding sebelumnya. Akibat banjir perekonomian di daerahnya menjadi terganggu, bahkan tidak sedikit warga yang kehilangan mata pencaharian akibat tanaman mereka diterjang banjir.

Hernadi mengimbau kepada warganya agar meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, hingga hari ini belum ada tanda-tanda banjir menyurut. "Ketinggian banjir di beberapa tempat hingga mencapai lebih dari dua meter, sehingga ada satu rumah warga yang hanyut diterjang banjir," imbuh Camat Katingan Hulu, Hernadi. (ABDUL GOFUR/B-5)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT