Fenomena Ikan Kerepes Melimpah di Pantai Ujung Pandaran Sampit, Nelayan Panen Besar
BORNEONEWS.CO.ID | 28/10/2020 16:15
Fenomena Ikan Kerepes Melimpah di Pantai Ujung Pandaran Sampit, Nelayan Panen Besar

BORNEONEWS, Sampit - Beredar video di media sosial terkait adanya fenomena ikan yang melimpah terdampar di tepian Pantai Ujung Pandaran,  Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Ternyata hal itu bukan fenomena alam, melainkan hasil tangkapan nelayan yang berlimpah. Karena saat ini sedang musim ikan kerepes (sebutan nelayan di sana). 

"Itu bukan fenomena alam seperti yang beredar di media sosial. Namun hasil tangkapan nelayan. Karena memang sedang musimnya," ujar Camat Teluk Sampit Juliansyah, Rabu, 28 Oktober 2020. 

Ia menerangkan, ikan tersebut merupakan hasil merempa atau menjaring ikan dari seorang nelayan bernama Allan, warga Dusun Kalap Paseban, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. 

Saay itu, hasil tangkapannya sangat melimpah. Bahkan perahu kelotok yang sering digunakannya untuk melaut tidak  muat. Sehingga, dibawanya ke tepi pantai, dan diberikan kepada warga. 

Ia menerangkan bahwa ikan tersebut jika sedang musim memang sangat banyak. Bahkan seorang nelayan bisa mendapatkan hingga 5 ton lebih. Hal itulah yang membuat mereka kewalahan untuk mengangkutnya, hingga diberikan kepada warga.  

"Jadi saya imbau masyarakat tidak usah percaya kalau ini fenomena alam yang menandakan datangnya bencana. Karena hal tersebut sudah biasa ditemui nelayan di Ujung Pandaran," terang Juliansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT