Masih Positif Covid-19, Cagub Inkumben Kalteng Sugianto Sabran Kembali Absen di Debat Pilkada
BORNEONEWS.CO.ID | 03/12/2020 11:50
Masih Positif Covid-19, Cagub Inkumben Kalteng Sugianto Sabran Kembali Absen di Debat Pilkada

BORNEONEWS, Palangka Raya - Calon Gubernur Kalteng Edy Pratowo kembali tampil sendiri pada debat publik ketiga yang disiarkan secara langsung oleh TVRI, Rabu, 2 Desember 2020. 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan bahwa kembali tidak hadirnya Sugianto Sabran karena masih menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

"Berdasarkan surat tim kampanye nomor 2, Nomor 166 tanggal 2 Desember 2020 yang dilampiri surat dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya tentang Hasil Pemeriksaan Lab Sample Covid-19, menyatakan bahwa Calon Gubernur nomor urut 2 tidak dapat hadir karena masih positif," kata Harmain.

Harmain menegaskan, peserta yang mengikuti debat publik tersebut harus sudah bebas terpapar dari Covid-19 dan dibuktikan dengan hasil rapit test masing-masing.

"Kita harus tetap mematuhi apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama. Dalam setiap proses pilkada, harus tetap mengedepankan protokol Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, harmain Ibrohim juga kembali mengingatkan agar para peserta debat tetap mengikuti setiap aturan yang berlaku selama acara debat berlangsung.

Terlihat dalam siaran langsung yang dapat diikuti melalui kanal Youtube KPU Provinsi Kalimantan Tengah dan disiarkan langsung di TVRI Kalteng, Edy hanya sendiri melakukan debat ini melawan pasangan nomor urut 1 yakni Ben Brahim dan Ujang Iskandar. Debat kali ini bertajuk Reformasi Birokrasi, Penegakan Hukum, dan Kualitas Pelayanan Publik Kalimantan Tengah.

Dipandu oleh Pewara TVRI Nasional, Herdina Suherdi, Edy Pratowo tampak tenang dan siap berdebat walaupun hanya sendirian. Sebelumnya, pada debat ke-2 akhir November lalu, Edy juga melakukan debat sendirian karena Sugianto Sabran baru dinyatakan positif Covid-19. Namun demikian, pujian untuk kesigapan jawaban dan kejelasan visi misi yang disampaikan Edy juga tidak sedikit. 

"Saat ini keadaan saya sehat dan hasil pemeriksaan kesehatan terakhir menunjukkan kabar menggembirakan," katanya.

"Namun sebagai bentuk pertanggungjawaban saya kepada masyarakat, saya memilih untuk tidak hadir dalam debat sampai menunggu hasil test swab selanjutnya," tuturnya.

(NOPRI/B-7)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT