Food Estate Kalteng Diperluas 31 Ribu Hektare
BORNEONEWS.CO.ID | 10/09/2021 11:11
Food Estate Kalteng Diperluas 31 Ribu Hektare
Kementan Tegaskan Food Estate untuk Dukung Ketahanan Pangan Nasional | Foto: dok.Kementan

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan pada tahun ini ada perluasan kawasan food estate.

Kepala DTPHP Kalteng, Sunarti mengatakan perluasan kawasan tersebut mencapai 31 ribu hektare lebih, dengan sistem berbasis Calon Petani Calon Lahan (CPCL)

"Kita semua basic (dasar) -nya CPCL, tidak CPCL ya tidak bisa," sebutnya. Dia menjelaskan 31 ribu hektare perluasan wilayah tersebut terdiri dari 14.135 hektare untuk intens dan 17 ribu hektare lahan untuk ekstens.

Ia juga menyampaikan sistem tanam untuk food estate masih menggunakan sistem pengembangan yakni dua kali sampai tiga kali musim tanam dalam setahun.

Sunarti juga menyatakan terjadi peningkatan produksi padi. Semua dapat dilihat jumlah panen petani dan juga indeks penanaman berdasarkan pola dua kali tanam yang dilakukan.

“Perumpamaannya seperti ini, misalkan semula yang dihasilkan hanya empat ton, tapi karena sudah bisa dua kali, maka yang dihasilkan menjadi delapan ton,” ucapnya.

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT