Cuaca Ekstrem Hambat Masa Tanam Padi di Seruyan
BORNEONEWS.CO.ID | 04/01/2022 18:11
Cuaca Ekstrem Hambat Masa Tanam Padi di Seruyan
Ilustrasi tanaman padi. ANTARA/Ari Bowo Sucipto

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini cukup membuat repot para petani di Kabupaten Seruyan.

Pasalnya, cuaca ekstrem mengakibatkan masa tanam padi yang seharusnya telah dimulai pada Oktober 2021 terpaksa harus ditunda untuk menghindari risiko gagal panen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Albidinnor mengatakan sebagian besar petani memutuskan untuk menunda masa tanam. Rencananya baru akan dimulai Januari tahun ini.

“Banyak petani kita menunda masa tanam sambil menunggu membaiknya kondisi cuaca. Hal ini ini untuk menghindari kerugian karena apabila dipaksakan sangat berisiko gagal panen," katanya, Senin, 3 Januari 2022.

Namun ada sebagian petani masih bisa melakukan masa tanam seperti biasa, karena tata kelola pengairan di sekitar lahannya sudah baik.

“Ke depan, irigasi di daerah pertanian kita akan diperbaiki secara bertahap. Karena kunci dari pertanaman adalah tata kelola air," katanya.

Jika tata kelola pengairan sudah baik, maka saat musim kemarau tidak ada lahan pertanian kekurangan air serta saat musim hujan, tidak kelebihan air.

DKPP dan Dinas PUPR Seruyan terus bersinergi dengan melakukan upaya perbaikan tata kelola pengairan di sentra pertanian. 

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT