Pemko Palangka Raya akan Tambah Transportasi Air
BORNEONEWS.CO.ID | 13/02/2022 12:54
Pemko Palangka Raya akan Tambah Transportasi Air

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, transportasi air seperti Kelotok menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat di beberapa kelurahan.

"Melihat akan kebutuhan ini kiranya perlu disediakan tambahan sarana transportasi air supaya masyarakat bisa merasakan pemerataan pembangunan dan pelayanan publik," katanya, Minggu 13 Februari 2022. 

Dia menuturkan pemerintah daerah akan menyediakan tambahan sarana ini khusus bagi masyarakat di wilayah terluar atau pinggiran. Salah satunya di wilayah Kecamatan Rakumpit yang aksesnya masih melalui sungai.

"Mobilitas masyarakat juga sangat tinggi sehingga penyediaan sarana ini lebih tepat disediakan di beberapa lokasi. Karena selain untuk kendaraan sehari-hari perahu mesin juga bisa dimanfaatkan untuk pelayanan publik," ujarnya.

Ketersediaan transportasi air ini sesuai dengan tipologi Kota Cantik yang bernuansa perkotaan, pedesaan dan hutan. Kini secara administratif, Kota Palangka Raya terdiri atas 5 kecamatan dan 30 Kelurahan. 

Kota ini memiliki luas wilayah 2.853,12 km² dan berpenduduk sebanyak 266.020 jiwa (2020) dengan kepadatan penduduk rata-rata 93,24 jiwa/km². 

borneonews.com


BERITA TERKAIT