Bupati Kobar Resmikan Rumah Sultan Kesultanan Kutaringin
BORNEONEWS.CO.ID | 08/03/2022 13:59
Bupati Kobar Resmikan Rumah Sultan Kesultanan Kutaringin

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah merampungkan pembangunan rumah Sultan Kesultanan Kutaringin, sebagai wujud perhatian pemerintah daerah terhadap para pendiri dan pejuang di Kobar.

Secara langsung, Bupati Kobar Nurhidayah meresmikan rumah Sultan Kesultanan Kutaringin yang terbuat dari kayu ulin di Jalan Pangeran Adipati, Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Senin 7 Maret 2022.

Peresmian dengan acara pemotongan pita dan syukuran ini dihadiri oleh Pangeran Arsyadinsyah dari Kesultanan Kutaringin, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Arh Drajad Tri Putro dan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono serta tokoh masyarakat H.M Ruslan AS.

Nurhidayah menyampaikan syukuran dan peresmian rumah Sultan Kesultanan Kutaringin ini merupakan wujud dari mimpi yang dipersembahkan untuk Sultan saat ini dan Sultan berikutnya.

"Bagaimana pun kita sebagai generasi penerus kita tidak boleh melupakan sejarah," ujarnya.

Menurutnya hal ini merupakan tugas kita sebagai generasi penerus, bagaimana pun pada era masa keemasan Kabupaten Kotawaringin Barat adalah merupakan Kerajaan Kesultanan Kutaringin, maka rumah ini merupakan simbol Kesultanan.

"Walau rumah ini kita buat dengan sederhana, namun ini merupakan simbol daerah kita Kotawaringin Barat. Anggaran pembangunan ini sekitar Rp 400 jutaan, inilah karya kita Pemda Kobar mudahan Sultan berkenan untuk menempati rumah ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pangeran Arsyadinsyah menyampaikan bahwa Juriat Kesultanan Kutaringin dan mewakili Sultan Kutaringin ke XV Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah yang saat ini berada di Solo, Jawa Tengah mengucapkan ungkapan terima kasih atas terwujudnya rumah Sultan ini.

"Alhamdulillah rumah ini sudah terbangun dan sudah terwujud. Tentu kalau tidak dengan adanya niat yang keras dari Bupati, saya kira tidak terlaksana. Alhamdulillah bersyukur Bupati menyampaikan, siapapun nanti sultan-sultan berikutnya, di sinilah tempat tinggalnya," pungkasnya. 

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT