Panen Massal Pemegang IUPHKm Koperasi Cempaga Perkasa Dihadang Sekuriti
BORNEONEWS.CO.ID | 13/05/2022 16:30
Panen Massal Pemegang IUPHKm Koperasi Cempaga Perkasa Dihadang Sekuriti

BORNEONEWS,  Sampit - Pemegang Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) Koperasi Cempaga Perkasa dihadang sekuriti perusahaan saat melakukan panen massal sawit di areal izin usaha mereka itu.

"Sudah kami lakukan panen massal hari ini tadi akan tetapi dihadang satpam perusahaan," kata Suparman penanggung jawab IUPHKm, Rabu 11 Mei 2022.

Sebelumnya diberitakan, panen masal ini mereka lakukan sebagai buntut tidak adanya upaya penyelesaian antara mereka dengan pihak perusahaan PT Wanayasa Kahuripan Indonesia (WYKI). 

"Kami akan lakukan panen massal karena jelas areal itu sah milik kami selaku pemegang izin, selama ini yang justru menikmatinya adalah perusahaan," tegas Suparman, Selasa 10 Mei 2022.

Mereka juga menyebut sudah melayangkan laporan ke polisi supaya memberikan kepastian tentang keanggotaan koperasi plasma sesuai aturan hukum. 

Namun, pada akhirnya, ujar Suparman, mereka tidak bisa  melakukan pemanenan apalagi sampai membawa keluar sawit yang akan dipanen.

Meski demikian mereka tidak ngotot memanen sawit tersebut untuk menghindari pertikaian di lapangan saat itu. 

"Saat ini kami juga masih menunggu laporan kami di Polres Kotawaringin Timur, karena kami juga ada mengajukan laporan," ucapnya. 

Suparman berharap Polres Kotim bisa menindaklanjuti laporan mereka tersebut, apalagi mereka dari pihak pelapor sudah dimintai keterangannya.

"Kami ingin adanya kepastian hukum, karena sangat jelas pemegang IUPHKm di areal itu adalah kami sementara perusahaan tidak kantongi izin," tegasnya.

 

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT