Bupati Resmikan Pasar Baharu di Kecamatan Lamandau Kalteng
BORNEONEWS.CO.ID | 21/06/2022 19:25
Bupati Resmikan Pasar Baharu di Kecamatan Lamandau Kalteng
Ilustrasi pasar tumpah. ANTARA

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sektor ekonomi dinilai merupakan salah satu prioritas yang harus ditumbuhkembangkan melalui optimalisasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Hal demikian disampaikan Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat meresmikan pasar "Baharu" di Desa Samu Jaya, bertepatan dengan Hari Jadi ke 70 Kecamatan Lamandau Kalimantan Tengah.

"Hingga saat ini pasar masih menjadi salah satu jantung perekonomian kerakyatan," ungkap Bupati Hendra, Senin, 20 Juni 2022.

Menurut Bupati, kedudukan sebuah pasar masih tetap penting dan menyatu dalam kehidupan masyarakat. Hingga saat ini masyarakat masih membutuhkan pasar dalam mencari pendapatan dan juga kebutuhan dalam transaksi jual beli.

Dia berharap, pasar yang baru saja diresmikan itu mampu menjadi area transaksi yang nyaman dan aman, sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pertumbuhan ekonomi.

Dijelaskan Bupati, Pasar Baharu yang dalam bahasa daerah Lokal berarti baru ini, di bangun dari sumber dana desa dengan pembangunan dua tahap yaitu dimulai sejak tahun 2021 hingga 2022.

Fungsi lain, lanjut dia, pasar memiliki peranan yang sangat vital karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan perputaran ekonomi yang berkelanjutan, selain itu membantu dalam menetapkan harga dasar untuk melindungi penjual dan pembeli. 

"Setelah diresmikannya pasar Baharu Desa Samu Jaya tentu memudahkan masyarakat sekitar hingga tidak perlu jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat memunculkan titik-titik perekonomian lainnya yang akan berimbas pada kesejahteraan masyarakatnya," pungkas Hendra.

 

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT