55 Titik Api Terpantau di Barito Selatan
BORNEONEWS.CO.ID | 16/08/2022 14:12
55 Titik Api Terpantau di Barito Selatan
LSM Sampaikan Petisi Pelaksanaan Putusan Kebakaran Hutan 2015

BORNEONEWS, Buntok – Hingga 15 Agustus 2022 sebanyak 55 hotspot atau titik api terpantau di Barito Selatan. “Berdasarkan data pemantauan sebanyak 55 hotspot atau titik panas terdeteksi di Barito Selatan hingga 15 Agustus 2022,” kata Ketua BPBD Barsel, Alip Suraya melalui Kasi Kedaruratan dan logistik, Suwono.

Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa puncak kemarau terjadi pada Bulan Agustus 2022 ini. Namun sampai saat ini tidak ada kejadian kebakaran hutan yang lahan yang sangat signifikan.

“Hanya ada 2 kejadian Karhutla yakni di Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas, tapi bisa diantisipasi dengan cepat berkat kerjasama pihaknya, MPA, masyarakat dan lain sebagainya,” bebernya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang membuka lahan dengan membakar, pada prinsipnya tidak selama mendapat izin baik dari kepala wilayah. Misalnya di desa izin dengan kepala Desa.

Bahkan bila ada pemberitahuan ke BPBD, sambung dia, pada saat warga tersebut membuka lahan pihaknya akan standby di lokasi dengan peralatan lengkap.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Alhamdulilah meski memasuki kemarau, namun hingga saat ini tidak ada karhutla yang terlalu signifikan,” katanya. 

**


BERITA TERKAIT