Pasokan Air Bersih ke Kurun Seberang Kalteng Terhenti Akibat Longsor
BORNEONEWS.CO.ID | 20/10/2022 10:59
Pasokan Air Bersih ke Kurun Seberang Kalteng Terhenti Akibat Longsor
Ilustrasi pipa air bocor. Climatetechwiki.org

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Tidak hanya memutus arus lalu lintas, longsor yang terjadi di jalan Palangka Raya - Kuala Kurun juga mengakibatkan pasokan air bersih ke sejumlah masyarakat khususnya di Kuala Kurun menjadi terganggu.

"Akibat longsor, untuk sementara kami belum bisa mendistribusikan air bersih ke masyarakat di Kurun Seberang, kurang lebih ada 78 pelanggan," ujar Direktur PDAM Tirta Bahalap Gunung Mas Hendra Toendan yang ditemui di lokasi longsor, Rabu, 19 Oktober 2022.

Pihaknya bisa bekerja untuk memperbaiki pipa yang bermasalah tersebut jika tanah sebagai landasan untuk pipanya sudah siap.

Ada dua jenis pipa yang terdampak atau putus karena longsor yakni ukuran 6 inch dan 3 inch dengan panjang sekitar 50 meter.

Pihaknya tidak bisa memastikan kapan air bersih bisa kembali normal dialirkan ke masyarakat di Kurun Seberang.

"Untuk penyambungan pipa bisa diselesaikan dalam satu hari, namun tergantung penimbunan jalan, jika penimbunan selesai, landasan untuk pipa siap maka kita bisa segera bekerja," tukasnya. 

"Saat ini kami menyambungkan pipa terlebih dahulu karena satu pipa memiliki panjang enam meter, baru setelahnya kita tanam di lokasi," imbuhnya. 

 

**


BERITA TERKAIT