Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Taman Nasional Taka Bonerate
DARILAUT.ID | 18/08/2020 14:55
Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Taman Nasional Taka Bonerate

Darilaut – Balai Taman Nasional Taka Bonerate menggelar kegiatan pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut TN Taka Bonerate.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 ini Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudhianto.

Kegiatan yang berlokasi di perairan Pulau Tinabo ini berlangsung hikmat. Upacara bendera bawah laut diikuti keluarga besar Balai TN Taka Bonerate, Diver Selayar dan masyarakat dalam kawasan.

Pos Terkait

Hari kemerdekaan RI juga diperingati Balai Taman Nasional Wakatobi melalui Seksi Pengelolan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Tomia – Binongko. Ditempat ini dilakukan pelepasan liaran tukik di pantai Kollosoha. Tukik yang dilepas sebanyak 75 ekor, jenis penyu hijau (Chelonia mydas).

Kegiatan pelepasanliaran melibatkan Kapolsek Tomia, Danramil Tomia, Pejabat Pemda kecamatan Tomia, Para Kepala Desa se-Tomia, Tokoh Adat Tomia, Komunitas Lokal Tomia dan Pelajar SMP Tomia.

Di Kendari, Balai Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Sulawesi Tenggara ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan mengibarkan bendera Merah Putih di 2 tempat berbeda. Masing-masing di puncak Gunung Padang Kukuh Suaka Margasatwa (SM) Lambusango dan pesisir pantai Taman Wisata Alam (TWA) Padamarang.

Kegiatan ini diikuti masing masing SKW dan anak anak muda yang cinta lingkungan dan alam sekitar. Selain upacara bendera, peringatan hari kemerdekaan di puncak Padang Kuku SM Lambusango, juga dilakukan aksi bersih sampah. Sebanyak 6 kantong sampah plastik berupa botol minuman dan puntung rokok berhasil dikumpulkan peserta.

 

Di TWA Kepulauan Padamarang bersama Fakultas Teknik dan Mapala USN Kolaka juga digelar upacara pengibaran bendara. Dilanjutkan dengan pembukaan camping ground dan aksi bersih sampah di pantai Leppe Manukke. Yang dikumpulkan sampah organik dan an-organik sebanyak 5 kantong.

Selama kegiatan pengibaran bendera merah putih dan berbagai aksi bersih sampah dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.*

DARILAUT.ID


BERITA TERKAIT