BMKG: Curah Hujan Meningkat Mulai Pertengahan Desember
DARILAUT.ID | 11/12/2020 17:01
BMKG: Curah Hujan Meningkat Mulai Pertengahan Desember
Ilustrasi hujan. Physicsworld.com

Darilaut – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati kembali mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai dampak La Nina yang berpotensi meningkatkan curah hujan bulanan hingga 20 persen di atas normal.

Menurut Dwikorita, diperkirakan pada pertengahan Desember curah hujan akan meningkat, sehingga patut diwaspadai potensi bencana hidrometeorologi.

“Di Magelang ada beberapa wilayah yang rawan longsor, sehingga perlu diantisipasi potensi longsornya. Mohon di cek lereng-lereng apakah ada yang retak. Jika menemukan tanda-tanda tanah longsor pada lereng mohon langsung dilaporkan kepada pihak berwenang,” kata Dwikorita saat pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tanggap Covid-19.

Kegiatan berlangsung di aula pertemuan Balai Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Kamis (10/12). Kegiatan ini juga berlangsung secara daring via Zoom Cloud Meeting dan live streaming di YouTube.

Kegiatan SLI yang diselenggarakan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang merupakan salah satu upaya BMKG dalam meningkatkan literasi iklim dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian, sesuai intruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2011, yaitu Pengamanan Produksi Beras Nasional Dalam Menghadapi Kondisi Iklim Ekstrim.

SLI Tanggap Covid-19 ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan petani dalam memanfaatkan informasi iklim guna melakukan antisipasi dan adaptasi terhadap dampak iklim ekstrim untuk kegiatan pertanian pada masa pandemi Covid-19 di Ngablak.

Dwikorita mengatakan, informasi cuaca dan iklim yang disampaikan BMKG diolah dengan pemodelan matematis berdasarkan data dari sensor-sensor AWS (Automatic Weather Station). Data sensor tersebut mengukur curah hujan, arah dan kecepatan angin, kelembaban, serta tekanan udara yang tersebar diseluruh Indonesia, sehingga dapat diprediksi kondisi cuaca hari ini sampai 7 hari ke depan.

“Informasi pemodelan ini dapat diakses secara digital melalui aplikasi Info BMKG, dengan harapan seluruh hadirin dalam kegiatan ini dapat meng-install aplikasi tersebut agar para petani dan penyuluh petani bisa melakukan perencanaan seperti apa yang harus dilakukan pada tanaman yang akan panen,” katanya.

DARILAUT.ID


BERITA TERKAIT