KM Nur Star Rusak Mesin dan Hanyut, TNI Angkatan Laut Evakuasi ABK
DARILAUT.ID | 01/08/2021 10:24
KM Nur Star Rusak Mesin dan Hanyut, TNI Angkatan Laut Evakuasi ABK
Warga melakukan pencarian korban kapal motor Arista yang tenggelam menggunakan kapal rakyat di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Rabu, 13 Juni 2018. Delapan korban masih dalam pencarian. ANTARA/Abriawan Abhe

Darilaut – Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Siau berhasil melakukan evakuasi 5 orang anak buah kapal (ABK) KM Nur Star yang terdampar di perairan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Para ABK selamat setelah meninggalkan KM Nur Star dengan menggunakan pakura kecil.

Sebelumnya, KM Nur Star sedang menangkap ikan di sekitar Pulau Lembeh, Bitung. Namun, kapal perikanan ini mengalami kerusakan mesin pada 27 Juli.

Dengan kondisi mesin yang rusak, KM Nur Star hanyut dan hilang di perairan Kepulauan Sitaro.

Melansir Tnial.mil.id, proses Search And Rescue (SAR) dilakukan berdasarkan perintah Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin, dibantu Komandan Pos (Danpos) SAR Tahuna bersama masyarakat sekitar yang terus berkoordinasi.

Berdasarkan koordinasi dengan Danpos SAR Tahuna dan Kepala Desa Buhise, pada 30 Juli 2021 pukul 02.00 WITA dini hari, Danpos Siau berhasil mengevakuasi 2 orang ABK yang terdampar di daratan Kampung Buhise Kecamatan Siau Timur.

Selanjutnya pada pukul 03.00 WITA, Danpos Siau kembali mengamankan 3 ABK yang terdampar di Kampung Lia Kecamatan Siau Timur dan sudah berada di rumah Kepala Desa.

Para ABK menyelamatkan diri dengan menaiki dua pakura kecil dan meninggalkan KM Nur Star yang terus hanyut karena mesinya mati.

Kondisi 5 ABK tersebut dalam keadaan aman namun perlu istirahat untuk menstabilkan kesehatannya.

darilaut.id


BERITA TERKAIT