Sandar di Pelabuhan Banggai, Sabuk Nusantara 59 Layani Rute 3 Provinsi
DARILAUT.ID | 19/01/2022 12:46
Sandar di Pelabuhan Banggai, Sabuk Nusantara 59 Layani Rute 3 Provinsi
Alat berat bersiap mendorong KM Sabuk Nusantara 39 kembali ke laut di Pelabuhan Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa, 5 Februari 2019. Kapal Tol Laut milik PT. Pelni ini kembali ke laut setelah terdampar ke darat karena dihempas gelombang tsunami pascagempa Donggala tahun lalu. ANTARA/Basri Marzuki

Darilaut – KM Sabuk Nusantara 59 sandar di Pelabuhan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Minggu (16/1). Setelah dari Pelabuhan Taliabu, Maluku Utara, kapal ini langsung menuju Banggai Laut.

Sabuk Nusantara 59 melayani rute di 3 provinsi: Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Gorontalo.

KM Sabuk Nusantara 59 melayani rute Pelabuhan Pagimana, Pasokan, Wakai, Ampana, Una-una, Parigi, Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Pelabuhan Bobong (Maluku Utara) dan Pelabuhan Gorontalo (Gorontalo).

Operasional kapal ini dibawah Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Pagimana Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Rute yang melayani 9 pelabuhan tersebut mulai beroperasi sejak 2019.

Penumpang dan barang yang paling banyak diangkut kapal ini rute Banggai Laut – Gorontalo dan Gorontalo – Banggai Laut.

Kapal ini paling banyak dimanfaatkan mahasiswa Banggai Laut yang kuliah di Gorontalo. Apalagi, di masa liburan semester.

Dengan harga tiket Rp 45 ribu untuk setiap penumpang, banyak mahasiswa yang menggunakan kapal ini karena melayani rute langsung, tanpa singgah di pelabuhan lainnya.

darilaut.id


BERITA TERKAIT