Pemerintah Daerah Dapat Menjadi Anggota IUCN
DARILAUT.ID | 21/06/2022 19:45
Pemerintah Daerah Dapat Menjadi Anggota IUCN
Menguji Unjuk Gigi Konservasi Mangrove Presiden Jokowi

Darilaut – Pemerintah daerah saat ini dapat menjadi anggota International Union for Conservation of Nature (IUCN) atau Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Organisasi konservasi terbesar dengan jumlah puluhan ribu anggota di berbagai negara tersebut telah menerima tujuh anggota pertama pemerintah daerah saat Kongres Konservasi Dunia di Marseille, Mei 2022.

Direktur Jenderal IUCN, Dr Bruno Oberle, mengatakan pemerintah daerah dan otoritas lokal memainkan peran utama dalam upaya global untuk melindungi lingkungan. 

Ini adalah langkah maju yang signifikan bagi IUCN, yang akan memperkuat tata kelola alam. Mulai dari aksi lokal di skala kota hingga wilayah dan yang lebih luas.

“Secara kolektif, Anggota IUCN yang baru ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah berada di garis depan dalam respons global terhadap keanekaragaman hayati dan krisis iklim,” kata Dr Bruno.

Pemerintah daerah dan otoritas lokal secara langsung dapat melawan artifisial tanah, solusi berbasis alam, perencanaan tata ruang maritim, plastik laut dan polusi cahaya, dan alternatif untuk pestisida.

IUCN sekarang secara eksplisit memasukkan pemerintah daerah dalam struktur keanggotaan. Empat dari otoritas pemerintah subnasional yang baru diterima berada di Prancis, yang mencerminkan keterlibatan Komite Anggota Prancis IUCN, yang memprakarsai mosi yang mengarah pada pembentukan kategori keanggotaan pemerintah subnasional.

Anggota baru ini membuka jalan untuk memperkuat aksi subnasional tentang keanekaragaman hayati menjelang adopsi strategi keanekaragaman hayati global berikutnya di CBD COP15 tahun ini.

Tujuh Anggota baru kategori pemerintah daerah masing-masing:

1. Oficina de protecciòn del ambiente de la Municipalidad de Curridabat (Kota Curridabat)

2. Gouvernement de la Nouvelle-Calédonie (Pemerintah Kaledonia Baru)

3. Ville de Paris (Kota Paris)

4. Service des Parcs naturels régionaux et biodiversité – Conseil Régional Provence – Alpes – Côte dAzur (Provence, Alpes, Dewan Regional Côte dAzur)

5. Agence des espaces verts de la région Ile de France, (Badan untuk ruang hijau, Ile de France) 

6. Wakil Consejería Sostenibilidad Ambiental, Gobierno Vasco (Wakil Kementerian Kelestarian Lingkungan, Pemerintah Basque)

7. Departament d’Acció Climàtica, Alimentació i Agenda Pedesaan, Generalitat de Catalunya (Departemen Aksi Iklim, Agenda Pangan dan Pedesaan, Pemerintah Catalunya)

IUCN adalah serikat keanggotaan yang terdiri dari pemerintah dan organisasi masyarakat sipil. Terdapat 1.400 organisasi Anggota dan lebih dari 18.000 pakar.

Keragaman dan keahlian yang luas ini menjadikan IUCN sebagai otoritas global dalam status alam dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindunginya.

 

darilaut.id


BERITA TERKAIT