Polisi Sebut Al Quran di Surau Padang Pariaman Bukan Disobek, Tapi Sudah Rapuh Sehingga Berserakan
LANGGAM.ID | 16/12/2020 14:00
Polisi Sebut Al Quran di Surau Padang Pariaman Bukan Disobek, Tapi Sudah Rapuh Sehingga Berserakan

Langgam.id – Kepolisian memastikan bahwa Alquran yang ditemukan berserakan di lantai Surau (Musala) Baru Al-Mukmin di Korong Padang Baru, Nagari Parik Malintang, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) bukan dirobek. Hasil olah tempat kejadian, kitab suci ini hanya terlepas pada setiap bagiannya.

“Bukan disobek, seperti tercecer gitu. Seperti buku sudah rapuh, sudah lama, lalu copot. Mungkin ketika dihempaskan (ke lantai) sama pelaku, jadi berserakan semuanya,” kata Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman, AKP Ardiandyah Rolindo Saputra dihubungi langgam.id, Selasa (15/12/2020).

Dia mengungkapkan barang yang ada di dalam musala yang dirobek hanya berupa kertas HVS. Sedangkan Alquran hanya tercecer di lantai beserta piala dan lampu yang dirusak.

“Kalau yang robek banyak itu hanya kertas HVS, bukan Alquran. Di lantai berserakan itu ada piala dan lampu-lampu bekas yang dipecah,” jelasnya.

Ardiandyah mengakui mengalami kesulitan untuk mengungkap pelaku karena tidak ada kemera pengawas (CCTV) di musala. Namun pihaknya terus melakukan penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah saksi.

“Saksi sudah dimintai keterangan sekitar tujuh orang. CCTV memang tidak ada, ini masalahnya. Ini musala sudah lama,” ujarnya.

Musala Baru Al-Mukmin diketahui sering dimanfaatkan anak-anak setempat untuk mengaji, begitupun salat berjemaah. Informasinya, musala ini milik salah satu suku atau perorangan, tapi sudah diserahkan ke pihak korong (dusun) untuk merawatnya.

Sebelumnya, dari foto yang beredar, Alquran serta kertas-kertas lainya berserakan di lantai musala. Peristiwa ini terjadi pada Senin (14/12/2020) siang. Diketahui, saat itu anak-anak akan mengaji dan kemudian melaporkan kejadian ini. (Irwanda)

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT